Seri Makanan Favorit: Variasi Bolu Kukus

    Author Lilly T Erwin
    No GM N/A
    ISBN 979-22-0727-9
    Price Rp 20.000
    Size 16,5 x 20
    Total Pages N/A
    Date Published 11 Feb, 2004
    Category Craft, Culinary, and Fashion: Culinary

Sinopsis

Bolu kukus termasuk salah satu jenis resep kue tradisional yang sudah lama dikenal. Dijual dimana-mana: di pasar tradisional, pasar swalayan ataupun di toko-toko kue besar dan kecil. Bahkan sekarang ini dijual pula oleh pedagang keliling dengan menggunakan sepeda atau pikulan yang menjajakannya ke rumah-rumah. Semua orang menyukai bolu ini, terutama anak-anak. Karena memang bentuknya menarik, terdiri dari dua warna: krem di sekelilingnya dan cokelat atau hijau di bagian tengah bolu. Kertas roti yang menjadi alas cetakan bolu, biasanya masih melekat pada kue, hingga bentuknya menjadi lebih menarik lagi, karena mirip bunga. Bahan utama yang dipergunakan adalah tepung terigu. Walaupun demikian tepung terigu ini bisa juga dicampur dengan bahan campuran lain, seperti havermut, singkong, kentang, jagung, sagu ambon, kacang merah atau ubi ungu, hingga dihasilkan bolu kukus yang cita rasanya lebih bervariasi.

Ke-17 resep bolu kukus ini cukup bervariasi, setiap resep memiliki keistimewaan tersendiri. Aroma dan cita rasanya sangat kaya karena ditambah dengan beberapa bahan pendamping lain yang cocok untuk dikombinasikan. Misalnya cokelat bubuk, larutan santan-pandan, air daun suji-pandan, daun jeruk atau karamel. Selain itu juga campuran sayuran (wortel, kacang hijau atau bit), buah-buahan (nanas) atau juga ikan tuna, membuat bolu kukus ini lebih beraneka. Bahkan agar penampilan kue bertambah menarik ditambahkan meisjes merah, parutan wortel, potongan bengkuang atau kacang hijau di bagian atas adonan. Sedangkan ketan hitam sengaja dicampur dan diaduk rata di dalam adonan hingga timbul bintik-bintik hitam yang cantik tersebar secara merata di dalam bolu kukus.

Anak-anak akan merasa sangat berbahagia jika Anda membuatkan kue tradisional ini. Membuatnya sangat praktis dan tidak banyak menyita waktu Anda. Juga jenis bahan yang dipergunakan cukup sederhana, mudah diperoleh di pasar tradisional dan biayanya cukup menjangkau. Bolu kukus yang masih hangat atau dalam keadaan dingin bisa segera dicicipi oleh putra-putri Anda, karena langsung dihasilkan dari dapur rumah Anda.

Related Books