Roti Gurih Empuk Dan Lezat

    Author Ambarini Harriza Harmaily
    No GM N/A
    ISBN 979-22-0942-5
    Price Rp 35.000
    Size 20 x 20
    Total Pages N/A
    Date Published 28 Jul, 2004
    Category Craft, Culinary, and Fashion: Culinary

Sinopsis

Para penggemar roti, khususnya roti dengan cita rasa gurih, kini tidak lagi dibatasi hanya menikmati roti gurih berisi keju, daging sapi, atau ayam. Tren saat ini adalah munculnya roti dengan topping aneka rasa serta bentuk yang menggugah selera.

Buku ini memuat 35 resep roti gurih yang empuk walaupun tanpa emulsifier ataupun bread improver (bahan pengembang dan pengempuk roti). Dilengkapi pula dengan trik rahasia agar roti menjadi lebih awet, bervolume lebih besar, dan lebih lembut, bahkan setelah tiga hari roti masih empuk, apabila disimpan di dalam wadah kedap udara.

Metode pembuatan roti seperti yang diterapkan dalam buku ini berasal dari cara pembuatan roti-roti Taiwan, yang kemudian dikembangkan dan populer di negara-negara Asia Tenggara, seperti Singapura, Malaysia, dan kini Indonesia.

Roti gurih memiliki variasi isi dan bumbu yang lebih banyak seperti adanya rendang, gulai, kari, hingga oncom. Cara pembuatan adonan roti mirip dengan cara pembuatan bakpao, hingga teksturnya lebih lembut dan halus daripada roti biasa.

Kunci sukses pembuatan roti ini adalah pilihan bahan-bahan yang masih segar, terutama ragi yang masih dalam keadaan baik dan pergunakan selalu tepung yang bermutu. Sepintas pembuatan roti ini terlihat rumit, namun bila diteliti, hanya proses pencampurannya saja yang agak rumit yaitu bahan-bahan yang menghambat fermentasi dipisahkan agar fermentasi antara ragi dan roti lebih maksimal.

Setelah Anda menguasai resep pembuatan roti gurih dengan berpedoman pada buku ini, Anda bisa bebas bereksperimen dengan roti-roti gurih ini, terutama dengan isian yang lebih variatif serta bentuk yang lebih beragam.

Related Books