Dongeng Sebelum Tidur

    Author Gol A Gong
    No GM N/A
    ISBN 979-22-1796-7
    Price Rp 30.000
    Size 14 x 21
    Total Pages N/A
    Date Published 28 Dec, 2005
    Category Fiction: Short Stories

Sinopsis

Kumpulan cerpen ini ditulis oleh 5 penulis yang tergabung dalam Komunitas Rumah Dunia pimpinan Gola Gong, yaitu Firman Venayaksa, Tias Tatanka, Gola Gong, Toto ST Radik dan Fahri Asiza.

Rumah Dunia adalah komunitas yang bergerak di bidang pendidikan dan ekspresi budaya. Kelompok ini bermula dari sebuah perpustakaan kecil di belakang rumah Gola Gong yang menjadi tempat persinggahan anak-anak tetangga untuk mendengarkan dongeng, membaca, dan menggambar. Tanpa bantuan pemerintah daerah, kelompok kecil ini sekarang telah berkembang menjadi sebuah komunitas seni yang substansial bagi daerah Banten.

Cerpen-cerpen dalam Dongeng Sebelum Tidur bercerita tentang dunia realis bercampur hal-hal imajinatif, kadang surealis. Misalnya dalam cerpen "Dongeng Sebelum Tidur" karya Gola Gong, dikisahkan seorang anak pergi mencari bidadari untuk dijadikan ibu setelah mendengar dongeng Jaka Tarub dari ayahnya. Pada dongeng karya Tias Tatanka, dikisahkan seorang laki-laki ditangkap segerombolan monyet dan dijadikan suami. Tias juga bercerita tentang benda-benda toilet yang bisa berbicara dan mengkritik kebejatan manusia. Lalu di cerpen "Sokrates atawa Telunjuk Miring di Kening", Toto ST Radik berkisah tentang seorang gila bernama Sokrates yang berjalan mundur ke belakang.

Beberapa cerpen lainnya berjudul "Aku Ingin Menjadi Clara", "Sepotong Batu di Dalam Cermin", "Zen", "Suara Sang Bilal", "The Cowboy City", dan "Semalam, Malaikat Pernah Datang."

Related Books