Revolusi di Nusa Damai

    Author K`tut Tantri
    No GM N/A
    ISBN 979-22-1614-6
    Price Rp 30.000
    Size 15 x 23
    Total Pages N/A
    Date Published 01 Aug, 2006
    Category Fiction: Poetry

Sinopsis

Ktut Tantri adalah wanita Amerika yang menganggap Indonesia tanah airnya. Ia bahkan rela berkorban ikut perang kemerdekaan tahun 1945. Inilah kisahnya...

Diangkat jadi anak Raja Bali
"Sekarang aku mempunyai seorang putra dan tiga orang putri. ...Kau kami namakan K`tut, yang dalam bahasa Bali berarti anak keempat..."

Jatuh Cinta
Aku diajaknya ke tepi pasir. Terasa tangannya menggenggam lenganku.
"Maukah kau menjadi istriku, K`tut Tantri?"
Aku lantas teringat pada para raja, yang tidak lama sebelum itu juga sudah mengajukan pertanyaan yang sama.

Ditawan Jepang
...Siksaan bertubi-tubi dan kelaparan yang kualami mulai menampakkan akibatnya. Berhari-hari aku terkapar saja dalam selku, tanpa mampu menggerakkan lengan. Seorang dokter bangsa Jepang datang dua kali sehari untuk memberi obat dan membangkitkan semangat hidupku. Tetapi tubuhku semakin lemah.

Mendukung Indonesia Merdeka
...Bung Karno mengangkat tangannya. Ketika rakyat sudah tenang, ia berkata, "Masih ada satu hal yang hendak kukatakan sebelum aku meninggalkan saudara-saudara. Saudara-saudara melihat seorang wanita kulit putih ada di atas panggung bersamaku malam ini. ...Kuperkenalkan Saudara K`tut Tantri dari Bali. ...Saudara K`tut ini warga Amerika kelahiran Inggris, tetapi ia lebih Indonesia daripada Inggris atau Amerika. Ia memihak kita. Ia telah berjuang sekuat tenaga untuk membantu kita berjuang demi kemerdekaan."

Related Books