Memproduksi Kerupuk Sangrai

    Author Dedi Rohaendi
    No GM N/A
    ISBN 978-979-22-4705-3
    Price Rp 22.500
    Size 17 x17
    Total Pages N/A
    Date Published 18 Jun, 2009
    Category Craft, Culinary, and Fashion: Culinary

Sinopsis

Kerupuk sebagai pelengkap makanan utama sangat akrab bagi hampir setiap orang Indonesia, karena kehadiran kerupuk dapat membangkitkan selera makan ataupun sebagai camilan favorit. Bahkan beberapa makanan khas Indonesia seperti Ketoprak, Gado-gado, Soto Padang, dan lainnya menggunakan Kerupuk sebagai bagian dari penyajiannya.

Sebagai jenis makanan kering yang mengandung pati cukup tinggi, karena umumnya terbuat dari tepung tapioka, kerupuk banyak ragamnya menurut rasa, bentuk, dan asal daerahnya. Ada Kerupuk Ikan, Kerupuk Kerupuk Udang, Kerupuk Rambak (Kulit), Kerupuk Puli, Kerupuk Singkong, Rengginang, dan Kerupuk Uyel. Yang membedakan rasa dan mutu kerupuk yaitu bahan utamanya seperti beras, tepung terigu, atau tepung tapioka, bahan tambahan atau rempah , dan tentu saja proses pembuatannya.

Pembuatan aneka jenis kerupuk ini ternyata tidak memerlukan keterampilan khusus, dan dengan alat yang sederhana. Oleh karena itu buku ini berupaya mendorong pembaca untuk membuat kerupuk sendiri. Usaha kerupuk jika dilakukan secara serius dapat menjadi industri rumah tangga. Bahkan karena proses produksinya bersifat padat karya, dapat berkembang menjadi industri kecil.

Sebagai buku pedoman untuk memulai usaha, isinya kami uraikan secara cukup lengkap dengan foto-foto agar mudah dipahami dan dipraktikkan. Dari mulai bahan kerupuk yang dibutuhkan, alat yang digunakan, cara membuat hingga pengepakan/pengemasan. Juga perhitungan keuntungan dari hasil usaha sebagai proyeksi untuk memulai usaha keluarga.

Related Books