Ecological Intelligence: Kecerdasan Ekologis

    Author Daniel Goleman
    No GM N/A
    ISBN 978-979-22-5945-2
    Price Rp 65.000
    Size 15 x 23
    Total Pages N/A
    Date Published 29 Jul, 2010
    Category Non Fiction: Self-Improvement

Sinopsis

Dalam buku terbarunya ini, pengarang buku laris Emotional Intelligence, Daniel Goleman, mengungkapkan dampak tersembunyi barang-barang yang kita produksi dan kita beli terhadap lingkungan dan bagaimana dengan pengetahuan baru ini kita dapat mem buat perubahan penting demi menyelamatkan Bumi dan diri kita sendiri.

+ Sampo "herbal" ternyata mengandung senyawa industri yang dapat mengancam kesehatan atau meracuni lingkungan.
+ Losion penahan sinar matahari yang kita pakai ketika menyelam dapat menularkan virus yang bisa mematikan terumbu.
+ T-shirt katun organik ternyata menggunakan bahan pencelup yang bisa menyebabkan pekerja pabrik berisiko terkena leukemia.

Dalam buku ini, Daniel Goleman menjabarkan mengapa begitu banyak produk yang diberi label "green" cuma omong kosong belaka, dan menyoroti ketidakkonsistenan kita dalam menanggapi krisis ekologis.

Berdasarkan riset yang mendalam, Goleman menerangkan mengapa kita sebagai pembeli tidak tahu-menahu mengenai dampak tersembunyi barang-barang dan jasa yang kita pakai. Pembeli juga menjadi korban dari tak tersedianya informasi tentang efek merugikan yang timbul dari proses produksi, pengiriman, pengemasan, pendistribusian, dan pembuangan barang-barang yang kita beli.

Tetapi kini kekuatan berada di tangan pembeli bukan lagi di tangan penjual, karena generasi baru teknologi memberi kita informasi tentang fakta-fakta ekologis berbagai produk yang akan kita beli. Goleman menyebutnya sebagai "transparansi radikal". Transparansi radikal ini memungkinkan konsumen membuat keputusan yang lebih cerdas dalam membeli, dan akan mendorong perusahaan-perusahaan untuk berpikir ulang dan memperbarui bisnis mereka yang akan mengantar kita ke era baru keuntungan kompetitif.

Related Books