Variasi Puding Roti

    Author Dapur Kirana
    No GM N/A
    ISBN 978-979-22-6047-2
    Price Rp 35.000
    Size 15 x 23
    Total Pages N/A
    Date Published 12 Aug, 2010
    Category Craft, Culinary, and Fashion: Culinary

Sinopsis

Sejak kecil sudah kita kenal puding roti atau kadang-kadang disebut prol roti. Rupanya puding jenis ini, adalah peninggalan Belanda, yang diperkenalkan oleh nenek kepada ibu bapak kita. Ternyata puding roti ini sejak dahulu kala, memang dikenal di seluruh dunia, dengan nama berbeda-beda. Orang Prancis menyebutnya pudding, orang Belgia menyebutnya bodding atau broodpudding. Sedang orang Spanyol menamakannya pudin de pan.

Puding roti ini, biasanya dibuat dari roti tawar sisa kemarin. Bisa juga roti croissant, roti Prancis, roti brioche atau roti baguette. Pokoknya semua jenis roti bisa dibuat puding. Campuran lain adalah telur, susu, gula pasir, bumbu-bumbu, dan kadang-kadang dicampur buah-buahan.

Kalau dulu tanpa variasi, ternyata sekarang rasanya bisa menjadi seribu rasa. Apalagi jika dicampur dengan aneka buah-buahan, yang berkhasiat menunjang kesehatan tubuh, berkat kandungan bermacam-macam vitamin dan mineral. Misalnya Puding Roti Nanas, Puding Roti Strawberry, Puding Roti Pisang, Puding Roti Apel dan Kismis, dan masih banyak lagi yang lainnya. Bahkan dalam buku ini ada resep Puding Roti Diabet, khusus untuk penderita sakit gula dan Puding Cokelat Rendah Lemak, untuk yang ingin menurunkan berat badan.

Yang disebut di atas adalah puding yang berasa manis, tapi ada juga puding asin yang gurih yaitu Puding Roti Isi Bayam, Puding Roti Keju, dan Puding Paprika Keju.

Khusus untuk yang berasa manis, biasanya dihidangkan begitu saja atau dilengkapi dengan saus rum dan saus caramel. Bahkan di Hong Kong, lazim dihidangkan dengan es krim di atasnya atau di Malaysia dengan saus custard.

Related Books