Jamuan Istimewa untuk Pesta di Rumah

    Author Sufi S. Yahyono
    No GM N/A
    ISBN 978-979-22-6725-9
    Price Rp 95.000
    Size 20 x 20
    Total Pages N/A
    Date Published 22 Feb, 2011
    Category Craft, Culinary, and Fashion: Culinary

Sinopsis

Sebagai keluarga Indonesia, kita tentu sering mengadakan berbagai acara silaturahmi atau "pesta" kecil yang mengundang cukup banyak orang (sekitar 50 orang) di rumah, seperti arisan, khitanan, ulang tahun, syukuran kelulusan, dan kenaikan pangkat. Belum lagi rangkaian acara adat seperti nujuh bulan, selapanan, seserahan, midodareni, malam bainang, dan banyak lagi.

Untuk menjamu para tamu, mendatangkan katering memang solusinya, tapi tentu biaya yang dikeluarkan cukup besar. Buku ini menawarkan cara menjamu atau mengadakan pesta di rumah dengan masakan istimewa karya sendiri. Resepnya bervariasi, ada set menu gaya Indonesia, set menu dengan sentuhan Oriental, dengan sentuhan Barat, atau campuran ketiganya. Ada yang bersifat formal maupun informal, silakan dipilih sesuai dengan even dan kondisi. Ada 7 set lengkap, yaitu sebagai berikut.

+ Menu Jamuan Semi Formal I, dengan resep Selada Pengantin, Soto Bandung, Nasi Bakar, Suwir Daging Pedas Manis, Orek Peda Merah, Sambal Kentang Berudang, dan Modifikasi Es Goyobod.
+ Menu Jamuan Semi Formal II, dengan 5 resep berbeda.
+ Menu Jamuan Semi Formal III: Meja 1 Seafood Steamboat; Meja 2 Nasi Hainan, Ayam Panggang Madu, Rujak Aceh; dan Meja 3 Coctail Pandan Buah Naga, Puding Kenari Aromatik.
+ Menu Jamuan Formal 1, dengan 7 resep.
+ Menu Jamuan Formal II, dengan 7 resep.
+ Menu Jamuan Formal III, dengan 6 resep.
+ Menu Jamuan ala Tea Party (A): Meja 1: Kudapan: Souffle Beef Macaroni, Banana Cake dan Strawberry, Pangsit Udang Bungkus, Mangkuk Ragu, Cheesy Shrimp Ball, Canape Meja 2: Minuman: Wedang Ronde Ceria, Iced Lemon Green Tea
+ Menu ala Tea Party (B), dengan 7 resep

Karena area rumah terbatas dan tamu cukup banyak, maka makanan disajikan secara prasmanan atau buffet. Para tamu memilih dan mengambil makanan, dan menyantapnya tidak duduk mengitari meja, tapi sambil berdiri atau duduk di kursi-kursi yang berjajar di tempat lain.

Buku ini amat lengkap untuk Anda yang ingin mengadakan jamuan pesta di rumah. Bahasannya mulai dari penyusunan menu, (termasuk penghitungan porsi makanan), persiapan pesta, manajemen waktu, dan persiapan memasak (termasuk info tentang tenaga sewaan). Selamat menjadi nyonya rumah yang patut dapat pujian!

Related Books