Arsitektur yang Lain

    Author Avianti Armand
    No GM N/A
    ISBN 978-979-22-7121-8
    Price Rp 68.000
    Size 15 x 19
    Total Pages N/A
    Date Published 21 Jul, 2011
    Category Non Fiction: Art, Architecture, and Photography

Sinopsis

“Umum diketahui arsitektur tak berhenti pada sebuah bangunan. Ia bukan saja hasil ide, kreativitas, dan keterampilan; ia juga langsung berhubungan dengan kekuasaan: selera dan gaya hidup sang patron, corak “keindahan” dan “kenyamanan” yang dominan, hubungan sosial-politik antara ruang sosial dan ruang privat. Membicarakan arsitektur yang tak hanya tentang bangunan itu yang saya lihat diusahakan Avianti Armand dalam buku ini. Di dalamnya kita diperkenalkan bukan saja dengan pemikiran arsitektur (yang menyebabkan arsitek tak cukup hanya mendesain), tapi juga dengan masalah-masalah yang membuat kita mengamati sesuatu yang lain di balik, di atas, dan di sekitar karya yang umumnya hanya tampak sebagai konstruksi yang bagus dan sesuai itu.”

--Goenawan Mohamad



“Avianti membaca gejala kehadiran arsitektur melalui hati. Di dalamnya, sanubari mendahului rasa. Dengan demikian tanda tak lagi ada batas penafsiran. Kita mungkin sulit mencari awal dan masih akan menanti akhir kisah karena semuanya memang penggalan. Ada dan tiada hanya menurunkan antara dan senantiasa bergerak, menyentuh berbagai segi kehidupan manusia yang tampil dengan segenap bungkusan kata dan laku. Waktu dan ruang saling berlipat dalam tuturan; dan untuk membuka lipatan, Anda perlu berhati-nurani.”

--Prof. Ir. Gunawan Tjahjono, M. Arch., Ph.D., Guru Besar Arsitektur Tetap Universitas Indonesia



“Kita makin yakin, hal-hal arsitektur tidak pernah membosankan diulang-ulang, terutama ketika dihubungkan dengan segala hal lain seolah secara acak oleh Avianti Armand.”

--Marco Kusumawijaya, Director, Rujak Center for Urban Studies

Related Books