Tata Rias Pengantin & Adat Pernikahan Gaya Yogyakarta Klasik: Corak Paes Ageng

    Author R. Suwardanidjaja, R. Sri Supadmi Murtiadji
    No GM N/A
    ISBN 978-979-22-8317-4
    Price Rp 88.000
    Size 20.5 x 26.5
    Total Pages N/A
    Date Published 26 Apr, 2012
    Category Craft, Culinary, and Fashion: Beauty and Fashion

Sinopsis

Sebagai bagian dari budaya dan tradisi di Indonesia, tata rias pengantin tradisional di Indonesia mengalami perkembangan yang sangat menggembirakan. Saat ini begitu banyak perias pengantin tradisional dan make-up artist. Mereka mewarnai dunia tata rias dengan kreasi-kreasi baru sebagai bentuk modifikasi tata rias pengantin tradisional sesuai kreativitas masing-masing atau atas permintaan para pengantin yang diriasnya. Modifikasi yang mereka lakukan turut mewarnai khazanah tata rias pengantin Indonesia, bahkan memberi bentuk baru tata rias pengantin.



Namun, modifikasi terhadap tradisi ini terkadang sedemikian “hebatnya” sehingga melenceng jauh dari pakem dan pranatan asli yang seharusnya dihormati dan dilestarikan sebagai warisan budaya adiluhung. Demi kepraktisan, kadang-kadang adat istiadat atau bentuk riasan diubah sesuai selera. Apabila dibiarkan, bisa jadi pengetahuan dan kekayaan seni budaya akan seni tata rias pengantin dan adat istiadat pernikahan yang masih asli ini akan hilang ditelan zaman tanpa terdokumentasikan.



Berangkat pemikiran untuk ikut melestarikan budaya dan adikarya bangsa Indonesia dalam bidang adat istiadat dan tata rias pengantin, buku ini dibuat. Di dalamnya diulas bentuk asli tata rias pengantin gaya Yogyakarta Corak Paes Ageng serta adat istiadat yang berkaitan dengan penyelenggaraan pernikahan gaya Yogyakarta. Semua diulas secara lengkap dan mendetail dengan keterangan ringkas namun lengkap tentang filosofi yang melandasi setiap ubarampe adat tersebut.



Dengan keunggulan budaya yang timeless, buku ini akan melengkapi pustaka tentang seni tata rias pengantin dan adat penikahan gaya Yogyakarta Corak Paes Ageng dalam bentuk yang baku sejauh yang bisa didokumentasikan saat ini. Melalui buku ini, semoga tidak ada generasi mendatang yang tidak lagi mengenal bentuk asli budayanya.

Related Books