Dapur Melayu

    Author Ide Masak
    No GM N/A
    ISBN 978-979-22-9178-0
    Price Rp 38.000
    Size 17 x 21
    Total Pages N/A
    Date Published 17 Jan, 2013
    Category Craft, Culinary, and Fashion: Culinary

Sinopsis

Dapur Melayu adalah masakan khas orang Melayu dari Malaysia, Indonesia, Singapura, dan Brunei Darussalam. Setiap daerah Melayu mempunyai makanan khas sendiri-sendiri. Masakan Melayu mulai terbentuk pada masa Kesultanan Melaka yang menjadi pusat perdagangan penting dan terbukanya pengaruh Arab, Parsi, China, dan India.



Di Indonesia masakan Melayu banyak dijumpai di berbagai daerah seperti Deli Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, serta Kalimantan.



Ciri utama masakan tradisional Melayu adalah banyak menggunakan rempah dan santan untuk menghasilkan makanan berbumbu, berlemak, dan kental. Bumbu tambahan yang umum digunakan adalah belacan. Hampir setiap masakan Melayu disajikan bersama nasi. Makanan Melayu dihidangkan tanpa urutan seperti halnya makanan ala Barat dan biasanya disantap menggunakan tangan.



Karena pengaruh Islam yang kuat, sumber protein yang digunakan dalam masakan Melayu yang mayoritas beragama Islam adalah daging sapi, kerbau, kambing, ayam, itik, dan ikan.



Buku ini menyajikan 22 resep masakan Melayu, lengkap dengan kue-kue khasnya, cita rasanya lezat dan penyajiannya menggugah selera.

Related Books