65 Setelan Cantik Kain Sarung, Batik Encim, & Kebayanya

    Author Rosinta
    No GM N/A
    ISBN 978-602-03-3361-8
    Price Rp 90.000
    Size 17 x 23
    Total Pages N/A
    Date Published 01 Sep, 2016
    Category Craft, Culinary, and Fashion: Beauty and Fashion

Sinopsis

Kain batik encim adalah kain batik dengan corak dan warna yang khas berupa hiasan flora dan fauna yang khas. Batik encim diperkirakan mulai tumbuh sekitar1830-an, dan mengalami perkembangan pesat pada awal abad 20. Batik tersebut banyak dihasilkan oleh kaum peranakan baik yang berasal dari keturunan China maupun Belanda yang bermukim di sepanjang pesisir pantai utara Jawa. Setelah Indonesia merdeka, batik peranakan hanya diproduksi oleh kalangan keturunan China dan oleh sebab itulah lebih dikenal dengan batik encim. Daerah penghasil batik encim antara lain Cirebon, Pekalongan, dan Lasem. Ciri khas batik tersebut adalah warna yang cerah dengan ragam hias Eropa dan Tionghoa. Motif khas batik encim antara lain buketan, jlamprang, dan lokcan, tiga negeri, dan motif Jawa Hokokai. Kebaya encim atau kebaya nyonya, banyak dipakai oleh wanita peranakan kala itu. Sebagai padanan kebaya, kaum nyonya lebih menyukai sarungbatik daripada kain panjang. Seiring perkembangan zaman dan iklim di Indonesia, kebaya encim banyak mengalami perubahan, dari segi corak, warna, dan ketebalan bahan.

Para desainer busana yang jeli akan potensi kebaya encim kembali mengangkat citra kebaya encim pada tahun 1970-an. Dan alhasil, kebaya encim hingga kini masih berjaya. Sesuai dengan perkembangannya kini model kebaya encim modern sangat modis dan trendi, disukai kalangan remaja dan wanita muda

Buku ini menampilkan 60 paduan kebaya encim modern dengan kain sarung batiknya. juga dilengkapi dengan beberapa tips berkebaya encim agar bisa tampil maksimal.

Related Books