Etika Politik (CU - Cover Baru)

    Author Franz Magnis-Suseno
    No GM N/A
    ISBN 978-602-03-3470-7
    Price Rp 120.000
    Size 13,5 x 20 cm
    Total Pages 564 pages
    Date Published 17 Oct, 2016
    Category Non Fiction: Philosophy

Sinopsis

Pola kenegaraan modern berkembang bersamaan dengan revolusi ekonomi, sosial, dan budaya yang berlangsung di Eropa Barat tiga ratus tahun yang lalu dan mendapat ungkapan yang paling mengesankan dalam perwujudan masyarakat industrial dan pasca-industrial saat ini.

Salah satu pertanyaan inti etika politik dewasa ini terkait dengan legitimasi kekuasaan. Klaim-klaim kenegaraan modern yang bercorak multidimensional dan kontroversial menuntut refleksi filosofis atas prinsip-prinsip dasar kehidupan politik, baik dalam dimensi hukum maupun kekuasaan. Analisis inilah yang menjadi tema utama dalam buku Etika Politik ini.

Prof. Dr. Magnis-Suseno, SJ dengan lugas membahas pokok-pokok tentang metode etika politik, legitimasi kekuasaan, hukum kodrat dan positivisme hukum, hak-hak asasi manusia, negara dan ideologi, kebebasan dan kesamaan, hingga negara hukum demokratis dengan menyertakan gagasan-gagasan utama dari tokoh-tokoh filsafat politik seperti Aquinas, Hobbes, Locke, Rousseau, Hegel, dan Marx.

Relevansi buku ini tidak terbantahkan untuk siapa pun yang ingin memahami persoalan etika dan politik; untuk siapa pun yang ingin memahami masalah masalah-masalah ideologis secara kritis dengan argumen yang dapat dipertanggungjawabkan.

Related Books