Koreksi Mazhabmu

    Author Yoli Hemdi
    No GM 618218003
    ISBN 978-602-03-7881-7
    Price Rp 55.000
    Size 13.5x20cm
    Total Pages 192 pages
    Date Published 16 Apr, 2018
    Category Non Fiction: Religion and Spirituality

Sinopsis

Sunnah Nabi merupakan integrasi Alquran dan hadis. Pemahaman terhadapnya—sesuai masa, tempat dan keadaan—memunculkan keberagaman amalan (ikhtilaf al-tanwi’), bukan pertentangan. Metodologi setiap mazhab perlu dipahami, sehingga kita ikhlas, disiplin dan sabar dalam mengoreksi diri dan orang lain, serta menghormati pandangan orang lain. Akhirnya, kita menyadari bahwa perbedaan itu adalah anugerah Ilahi yang patut disyukuri.
Dr. H. Buchari bin Muchtar
Pensyarah Kanan di Universiti Sains Islam Malaysia (USIM)

Jika di zaman modern ini orang gencar menyuarakan penghormatan terhadap perbedaan pendapat, ternyata sejak zaman Jahiliyah dulu Islam telah mengajarkan tasamuh atau toleransi yang tinggi. Bahkan di dalam ajaran, termasuk ibadah, Islam menciptakan berbagai perbedaan dan melindungi perbedaan itu dengan memandangnya sebagai rahmat.

Asal muasal perbedaan mazhab merupakan bukti dari cemerlangnya dinamika intelektual dalam peradaban Islam. Berabad-abad lamanya kaum muslimin hidup rukun dengan saling menghormati perbedaan. Tapi, kemudian hari kita dibuat pilu oleh pertikaian, permusuhan, bahkan pertumpahan darah sesama umat Islam disebabkan perbedaan mazhab dan aliran. Mengapa perbedaan kini jadi tragedi? Ap akah yang salah dalam cara kita beragama? Masih relevankah mazhab kita untuk zaman modern ini?

Buku ini bukan hanya menjawab pertanyaan besar itu, tetapi juga menjadi ufuk baru yang menerangkan betapa indahnya kedewasaan beragama yang diajarkan Islam. Koreksi mazhabmu, agar benar cara beragamamu!

Related Books