Sejarah Psikologi: Perkembangan Perspektif Teoritis

    Author
    No GM 618216001
    ISBN 978-602-06-8327-9
    Price Rp 120.000
    Size 15x23cm
    Total Pages 392 pages
    Date Published 15 Oct, 2018
    Category Non Fiction: Psychology

Sinopsis

Dalam mengkaji sejarah psikologi, terdapat dua pendekatan yang bisa dilakukan. Pertama, psikologi sebagai disiplin ilmu yang berkembang menjadi profesi. Kedua, mempelajari apa saja yang dibahas dalam psikologi, sejak kapan tema-tema itu muncul, dan bagaimana tema-tema itu berkembang dalam sejarah ilmu sosial. Buku ini menggunakan pendekatan kedua, yang terentang dari Socrates sampai tokoh psikologi dari Indonesia.

Buku ini ditulis untuk tujuan praktis, yaitu membantu mahasiswa mempelajari psikologi dalam konteks sejarah keilmuan dan perspektif para pemikirnya. Dengan kata lain, pembaca akan belajar bagaimana asumsi-asumsi mengenai tingkah laku manusia—terutama mengenai unsur-unsur yang disebut perilaku—berkembang dan dipelajari dalam konteks sehari-hari dan dalam konteks filsafat manusia.

* * *

“Kehadiran buku ini tidak hanya akan mempermudah mahasiswa jurusan psikologi untuk memahami sejarah psikologi, tetapi juga menginspirasi dosen dan peneliti untuk menemukan pengetahuan dan teori psikologi dalam konteks Indonesia saat ini.”
—Dr. Seger Handoyo, Psikolog
Ketua Umum HIMPSI

“Dengan pemaparan singkat tetapi komprehensif, juga membahas psikologi Timur dan psikologi di Indonesia, buku ini ditulis sedemikian rupa sehingga pembaca tidak sekadar pasif menerima informasi, tetapi juga terdorong untuk berpikir dan mengajukan pertanyaan baru.”
—Dr. Elizabeth Kristi Poerwandari, M.Hum, Psikolog
Ketua Program Studi Doktor Fakultas Psikologi Universitas Indonesia

Related Books