Jokowi dari Bantaran Kalianyar ke Istana

    Author
    No GM 618222036
    ISBN 978-602-06-2000-8
    Price Rp 70.000
    Size 14x21cm
    Total Pages 150 pages
    Date Published 03 Dec, 2018
    Category Non Fiction: Biography

Sinopsis

JOKOWI
dari Bantaran Kalianyar ke Istana
Mobilitas Vertikal Keluarga Jawa

Berbeda dengan trajektori para pemimpin politik nasional yang umumnya berasal dari keluarga dan kelas politik mapan, Presiden Jokowi berasal dari kalangan masyarakat biasa. Sebelum terpilih sebagai Walikota Solo tahun 2005, ia tidak dikenal dalam lingkaran politik mana pun, termasuk di Solo. Popularitas dan legitimasinya sebagai pemimpin publik meroket selama menjadi walikota karena gaya kepemimpinannya yang merakyat, berbagai kebijakan sosialnya, dan inovasi pemerintahannya. Popularitas dan legiti masi inilah yang kemudian mengantarkannya ke tampuk kepemimpinan nasional.

Banyak informasi dan analisis yang sudah dipublikasikan terkait kepemimpinan Jokowi, namun yang belum banyak diketahui adalah latar belakang keluarga dan masa perkembangan yang memengaruhi pembentukan karakter personal Jokowi. Fenomena Jokowi menunjukkan perjuangan mobilitas verti kal secara ekonomi dan politik yang terjadi di kalangan keluarga biasa. Narasi mobilitas vertikal ini ditelisik dari sejarah kakek nenek Jokowi yang merintis perjuangan tersebut dengan menembus sekat-sekat kemiskinan dan isolasi pedesaan.

Buku ini menyajikan informasi empiris dan analisis terkait latar belakang dan perjuangan keluarga, serta masa perkembangan Jokowi sebagai anak-anak sampai menjelang masuk perguruan tinggi. Lebih dari sekadar cerita tentang Jokowi, analisis dalam buku ini diletakkan dalam kerangka perjuangan keluarga biasa Jawa dalam mobilitas verti kal di arena sosial, ekonomi, dan politik, di tengah struktur sosial yang elitis dan hierarkis.

Related Books