Masa Simpan dan Batas Kedaluwarsa Produk Pangan

    Author
    No GM 619220001
    ISBN 978-602-03-8822-9
    Price Rp 68.000
    Size 15x23cm
    Total Pages 176 pages
    Date Published 01 Apr, 2019
    Category Non Fiction: Science and Nature

Sinopsis

Penetapan masa simpan dan tanda kedaluwarsa yang benar sungguh penting dilakukan karena informasi ini bersifat esensial bagi konsumen, khususnya untuk memberikan kepastian mengenai keamanan dan mutu pangan. Bahkan di Indonesia, informasi mengenai batas kedaluwarsa diatur pada tingkat undang-undang (Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan). Penetapan masa simpan yang tidak benar sangat merugikan. Jika dugaan masa simpannya lebih pendek daripada yang seharusnya, produk akan dianggap kedaluwarsa, tidak boleh diedarkan, padahal sebetulnya masih baik dan dapat dikonsumsi. Kesalahan demikian jelas akan merugikan industri. Jika dugaan masa simpannya lebih panjang daripada yang seharusnya, akan ada risiko konsumen menerima produk dengan keamanan dan mutu yang tidak sesuai. Dalam hal ini, kesalahan ini akan merugikan konsumen.

Penandaan batas kedaluwarsa juga merupakan hal penting yang perlu dilakukan dengan benar. Makna batas kedaluwarsa ini perlu diperjelas karena beberapa produk pangan sebenarnya dinyatakan telah melewati tanda batas kedaluwarsanya karena alasan mutu, termasuk mutu sensorinya. Ketidakjelasan mengenai arti batas kedaluwarsa ini telah menyebabkan terbuangnya produk pangan yang sesungguhnya masih layak konsumsi. Hal ini menyebabkan tingginya angka kemubaziran pangan (food waste).

Buku Masa Simpan dan Batas Kedaluwarsa Produk Pangan: Pendugaan, Pengelolaan, dan Penandaannya ini memberikan landasan bagaimana melakukan pendugaan dan pengelolaan masa simpan dengan benar sekaligus penandaannya. Dilengkapi dengan contoh dan beberapa informasi praktis, buku ini dianggap mencukupi bagi industri ataupun mahasiswa dan ahli teknologi pangan untuk melakukan evaluasi masa simpan produk pangan dengan baik.

Related Books