Manajemen Risiko, Krisis, dan Bencana untuk Industri Pariwisata yang Berkelanjutan

    Author
    No GM 619203031
    ISBN 978-602-06-3516-3
    Price Rp 90.000
    Size 14x21cm
    Total Pages 320 pages
    Date Published 21 Oct, 2019
    Category Non Fiction: Business Management and Leadership

Sinopsis

Sebagai salah satu penggerak pembangunan ekonomi, industri pariwisata menyediakan lapangan kerja, membantu memutus siklus kemiskinan melalui pemberdayaan sumber daya manusia, dan menciptakan prospek baru untuk generasi yang akan datang. Di Indonesia dan di hampir semua negara dunia dewasa ini, industri pariwisata terbukti berdampak positif pada perekonomian nasional. Hal ini tampak dari kontribusi pariwisata terhadap PDB nasional dan
daya serap lapangan kerja di sektor pariwisata.

Namun, sebagaimana halnya industri yang bergerak di bidang jasa, industri pariwisata sangat rentan terhadap risiko. Risiko yang tidak dapat dikelola dengan baik akan menimbulkan krisis yang, jika tidak ditangani dengan saksama, bisa berubah menjadi bencana. Pada gilirannya, bencana mengakibatkan kerugian bisnis dan penurunan reputasi destinasi wisata, bahkan reputasi industri pariwisata sebuah negara secara keseluruhan. Karena itu, manajemen risiko untuk pariwisata berperan penting dalam mencegah bencana dan mengurangi dampak berbagai risiko yang mungkin muncul.

Ditulis oleh para akademisi sekaligus praktisi yang telah berpengalaman di bidang kepariwisataan, buku ini mengupas antara lain:
• Klasifikasi Risiko Industri Pariwisata
• Mitigasi Risiko
• Perangkat Manajemen Risiko
• Manajemen Risiko Wisata Destinasi
• Pengelolaan Informasi dan Media dalam Manajemen Risiko Pariwisata
• Peran Pemerintah dalam Manajemen Risiko Pariwisata

Dengan pembahasan yang demikian komprehensif, buku ini merupakan rujukan yang amat berharga bagi mereka yang berkepentingan dan berkecimpung dalam sektor kepariwisataan di negeri ini.

Related Books