• Resensi Pilihan: Teenlit - Kilovegram

    Ditulis oleh Tasya Devi Apsari di https://perpuskeciltasya.wordpress.com/2018/03/28/book-review-kilovegram/?preview=true untuk program #ResensiPilihan di Twitter @bukugpu

    Blurb

    Kata orang, Aruna itu sebenarnya cantik, tapi…. gendut.

    Iya, Aruna tahu ia gemuk. Ia pun kenyang dan tidak mempan lagi diejek. Habisnya bagaimana? Ia paling sulit menolak makanan, apalagi yang enak. Masakan Mama, misalnya. Atau traktiran Raka, sahabatnya.

    Tetapi sikap cuek Aruna mulai berubah setelah Nada, sepupunya yang cantik dan serbabisa, masuk ke SMA yang sama dengannya. Bukan itu saja, Raka terangterangan memuja dan mendekati Nada sehingga membuat Aruna merasa tersisih dan minder. Apa yang harus ia lakukan agar bisa seperti Nada?

    Aruna pun memutuskan mulai berdiet. Bagaimanapun caranya, ia harus langsing, langsing, langsing! Ia tidak
    akan kalah dengan cewek-cewek lain di sekolah dan akan mendapatkan kembali perhatian Raka.

     

    Review

    Novel ini benar-benar ada di kehidupan nyata. Tentang sesuatu yang sesitif bernama berat badan.

    Bab awal dibuka dengan MOS SMA, Aruna sang tokoh utama yang digambarkan dengan tinggi 163 sentimeter dan berat badan sembilan puluh kilogram dihukum oleh senior yang ternyata sahabatnya-Raka.

    Setelah MOS Aruna dan Raka menjalani hari dengan istirahat makan bersama dan berangkat bersama. Aruna dan Raka adalah sahabat sejak kecil. Tetapi semuanya berubah setelah sepupu Aruna pindah ke sekolah mereka.

    Awal kemunculan Nada-sepupu Aruna, sungguh sangat indah bagi Aruna. Lambat laun, semuanya berubah terutama sikap Raka terhadap Runa. Disinilah kepercayaan diri Runa runtuh, Runa bertekad untuk kurus dan bisa semenarik Nada.

    Puncaknya saat acara pentas seni disekolahnya, ada pertunjukan busana dan Raka menyarankan Runa untuk mengikuti pertunjukan tersebut dengan kategori C. Raka yang menyarankan dan Raka pula yang menghancurkan kepercayaan diri Runa.

    Persahabatan Runa dan Raka semakin jauh. Dan ada keretakan diantara mereka. Runa juga semakin gencar untuk diet. Dan dia menggunakan cara instan. Apakah Runa bisa kurus? Apakah persahabatan antara Runa dan Raka akan kembali?

    .

    Dari judulnya saja sudah tahu kalau novel ini bakalan bercerita tentang berat badan. Berat badan bagi cewek adalah hal yang sangat sensitif. Dan selalu membuat kepercayaan diri itu turun. Terutama dengan standart bentuk ideal masyarakat. Banyak juga yang dicela karena berat badan, dan itu yang dialami Aruna dalam novel ini. Inilah salah satu kelebihan dalam novel ini yaitu tentang pesan moral. Sungguh pertama kali bacanya saya langsung suka karena pesan moral yang ingin disampaikan penulis. Cara penulisannya yang mudah dan ringan, dengan genre teenfic yang kental.

    Aruna, tokoh yang sangat inspiratif ini memiliki kepercayaan diri yang rendah tapi bisa tinggi saat ada yang memotivasinya. Pantang menyerah dan selalu berusaha, dengan hati sekuat baja karena Runa tetap baik-baik saja dicela sama geng Diana dan Imey.

    Raka, awalnya aku jatuh cinta sama Raka karena sikapnya sama Runa (sebelum ada Nada) tapi lama kelamaan aku kurang suka. Sifatnya yang plin-plan dan kurang menjaga perkatannya ini membuat Runa sakit hati. Selain itu Raka memiliki ego dan gengsi yang tinggi, tapi sebenarnya Raka baik kok meskipun ngeselin????

    Nada, sepupu Runa ini baik banget dan sayang sama Runa.

    Mama Runa, Mama yang selalu mendukung anaknya dan selalu memberi semangat.

    Tokoh pendamping juga banyak yang kuat, seperti Diana, Valen, dan Kak Vio.

    Konflik dicerita ini sangatlah ringan karena memang genre teenlit. Tapi penulis sangat apik dalam bercerita. Pengembangan karakternya juga tidak dipaksakan jadi mengalir. Dan menurut saya ini novel teenlit yang tidak melulu tentang persahabat dan percintaan, ada pandangan masyarakat dan moral value yang bisa diambil.

    Covernya sendiri sangat cantik dan chubby. Dengan warna pink yang mendominasi. Covernya sangat menggambarkan teenlit dengan logo barunya.

    Overall, saya menyarankan para remaja untuk membaca novel ini. Tak hanya remaja tapi lebih terkhusus. Novel ini mempunyai nilai moral yang tinggi.

     

    Judul : Teenlit - Kilovegram | Penulis : Mega Shofani | ISBN :  978-602-03-7915-9 | Tebal : 272 Halaman | Terbit : 29 Januari 2018

    10 Apr, 2018