• Resensi Pilihan: Young Adult - A Sweet Mistake

    Ditulis oleh Yessie di http://www.yessielrismar.com/2018/02/review-sweet-mistake.html?m=1 untuk program #ResensiPilihan di Twitter @bukugpu

    Sinopsis

    Bagi Liona, Rey adalah mahasiswa abadi yang selalu sentimen padanya, cowok yang tidak punya masa depan. Rey hanya beruntung karena memiliki keluarga kaya dan bisa mencukupi kebutuhan hidup tanpa harus repot-repot bekerja. Tapi anehnya, cowok itu mampu membuat sahabat Liona tergila-gila. Apa bagusnya sih?

    Sementara bagi Rey, Liona adalah tetangga pembawa sial. Gadis tanpa ekspresi yang sok cook dan menyebalkan. Tapi anehnya pula, teman-teman Rey malah menyukai cewek muka papan itu. Di mana menariknya, coba?

    Suatu hari Rey mendapat ide cemerlang untuk mengerjai Liona. Rencana itu dianggapnya akan menjadi tebusan paling manis atas rasa tidak sukanya selama ini. Dan Liona berhasil masuk ke dalam perangkap yang dibuat Rey.
    Namun, benang takdir ternyata punya rencana lain. Tak hanya Liona, tapi Rey juga terperangkap. Tak menolak.

    Akankah hal tersebut membawa keduanya pada akhir yang bahagia? Atau malah menjadi kehancuran bagi keduanya?


    Review

    A Sweet Mistake berkisah tentang Liona yang memiliki musuh bebuyutan bernama Rey. Mereka bertetangga dan juga satu kampus. Bedanya, Liona adalah mahasiswa rajin yang sedang memperjuangkan skripsi, sementara Rey mahasiswa abadi.

    Suatu malam, Rey dan teman-temannya merencanakan ide untuk menjaili Liona. Mereka penasaran ingin melihat cewek itu menangis. Sebagai info, Liona ini memang dikenal sebagai cewek muka papan alias datar dan tidak punya ekspresi. Rey pun melakukan ide gila yang direncanakannya itu, tapi sayangnya malah berbuntut masalah serius yang memaksa mereka menikah.

    Setelah sepasang musuh itu menikah, perdebatan dan pertengkaran pun tak terelakkan. Selalu ada saja hal yang membuat keduanya bertengkar. Tapi yang tidak saya duga, Rey akhirnya mengusulkan gencatan senjata. Mereka mencoba “bekerja sama” agar terlihat normal. Konflik bukan hanya dari sisi Rey dan Liona, tapi juga Liona dan ayahnya.

    *

    Ini adalah kali pertama saya membaca karya Kak Rara yang ternyata sudah namanya sangat dikenal di dunia oranye. Dan saya puas. Saya selalu senang dengan penulis yang berhasil membuat saya merasa nyaman saat membaca karyanya. Yah, ini sih emang nggak aneh. Tapi untuk karya debut yang lahir di penerbit mayor, apalagi menjadi juara tiga, tentu ini jadi nilai plus sendiri dari saya.

    A Sweet Mistake ini memiliki tema besar yang sebenarnya umum: benci jadi cinta. Tapi, ada keunikan tersendiri yang saya rasakan, yaitu tentang pernikahan yang terjadi karena dua orang dewasa muda berduaan dalam tempat yang minim cahaya.

    Mungkin, bagi sebagian orang ini hal ini terlalu dipaksakan atau tidak masuk akal. Namun, bagi saya ini justru menarik. Saya juga memiliki teman yang dinikahkan orangtuanya karena ketahuan jalan berdua dengan laki-laki. Dan... yah, jadi menurut saya masuk akal. Apalagi kakek Rey adalah sosok yang religius.

    Novel ini diceritakan dengan menggunakan sudut pandang orang ketiga. Jadi, pembaca bisa dengan mudah mengetahui pikiran dan perasaan seluruh tokoh. Apalagi, gaya bahasa yang digunakan sangat ringan. Jauh berbeda dengan novel YA yang biasa saya baca—biasanya baku mirip terjemahan.

    Tokoh-tokohnya memang tidak berhasil membuat saya mengistimewakan mereka, tapi interaksi yang mengalir di antara mereka begitu natural. Saya suka bagaimana Rey dan Liona perlahan menjadi akur.

    Hanya saja, saya sedikit terganggu dengan konflik Liona dengan ayahnya. Entahlah, rasanya alasan sang Ayah membenci Liona ini kurang kuat dan penyelesaiannya pun terlalu cepat.

    Secara keseluruhan, saya menyukai novel ini dan merekomendasikannya kepada kalian yang senang dengan kisah benci jadi cinta.

    “Memendam hanya akan nyakitin diri lo sendiri.” –hal. 213

    Judul : Young Adult - A Sweet Mistake | Penulis : Vevina Aisyahra| ISBN : 978-602-03-7834-3 | Tebal : 248 Halaman | Terbit : 4 December 2017

    06 Mar, 2018