"/>
Y.B. Suharto

Y.B. Suharto

View all authors
Yohanes Berchmanns Suharto dilahirkan di Bantul, Yogyakarta, 1 November 1946. Suami dari Veronika Warsini ini menamatkan SD pada 1958, SLTP pada 1961, dan SLTA pada 1964. Gelar dokter umum diperolehnya dari Fakultas Kedokteran, Universitas Gadjah Mada (UGM) pada 1972. Sebagai doktor, ia telah memangku berbagai jabatan, antara lain Kepala Puskesmas Alas, Sumbawa (1972-1974), Kepala Puskesmas Muko-Muko, Bengkulu Utara (1974-1977), Direktur RSU Kendal Jawa Tengah (1977-1981), dan Asisten Ahli Radiologi di UDF Radiologi RSUD dr. Moewardi, Surakarta, merangkap sebagai dosen Fakultas Kedokteran UNS, Surakarta (1981-sekarang).

Ayah empat orang anak memiliki koleksi kamus sebanyak kurang lebih 100 macam ini mengalami kontak pertama dengan bahasa Mandarin ketika anak keduanya yang masih kecil jatuh sakit dan harus menjalani pengobatan akupuntur. Kemudian, setelah pindah ke bagian Radiologi RSUD dr. Moewardi, Surakarta, ia menangani terapi untuk penderita kanker dengan menggunakan obat dari alam (herbal medicine). Hal ini mendorongnya untuk mempelajari banyak literatur, baik dari dalam maupun luar negeri, dari Eropa sampai Cina. Dalam proses belajar inilah ia merasa tertarik untuk memperdalam bahasa Mandarin. Keinginan ini mendapat hambatan karena pada saat itu di pasaran hanya tersedia kamus untuk orang yang telah mampu berbahasa Mandarin, sementara untuk pemula belum tersedia.

Didorong oleh rasa ingin tahu dan hobi memperlajari bahasa asing, keinginan untuk memperdalam bahasa Mandarin pun berkembang menjadi keinginan menyusun sendiri kamus Mandarin yang diperuntukkan bagi para pemula.
Recommended Books