Author - Gramedia Pustaka Utama

J.R. Ward adalah nama pena Jessica Bird. Dengan nama aslinya, ia menulis novel romantis, sedangkan nama J.R. Ward ia gunakan untuk menulis roman paranormal. Sejak kecil Jessica sudah menulis di buku harian dan juga membuat cerita pendek. Sebelum masuk perguruan tinggi, ia menulis buku pertamanya, sebuah roman, setelah itu, ia secara rutin menulis, namun hanya untuk dirinya sendiri. Jessica sempat belajar di Smith College, tempat dia meraih gelar ganda dalam bidang sejarah dan sejarah seni, terutama mengenai Abad Pertengahan. Dia lalu memperolah gelar Hukum dari Sekolah Hukum Albany dan bekerja di administrasi pelayanan kesehatan untuk waktu yang lama, termasuk sebagai Kepala Staf di Beth Israel Deaconness Medical Center di Boston.



Pada tahun 2001, Jessica Bird menikah dengan John Neville Blakemore III. Suaminyalah yang menyemangatinya untuk mencari agen dan memasarkan naskahnya. Tahun 2002, novel roman pertamanya yang berjudul Leaping Hearts diterbitkan, dan beberapa tahun kemudian, Jessica menulis roman paranormal dengan menggunakan nama pena J.R. Ward. Seri novel ini dikenal sebagai Black Dagger Brotherhood.



Jessica suka menulis novel yang mengandung tokoh dari buku-bukunya yang sebelumnya. Dia membandingkan proses menulis seri seperti halnya "bertemu teman melalui teman yang lain". Tokoh pahlawannya biasanya bertipe pria alpha, sosok yang tangguh, bersemangat, dan arogan, sementara pahlawan wanitanya biasanya cerdas.