Filsafat Barat Kontemporer: Inggris-Jerman

Summary

Filsafat Barat mempunyai riwayat panjang yang sudah meliputi 26 abad. Tempat lahirnya Yunani kuno dan tanggal lahirnya abad ke-6 SM. Pada mulanya nama "filsafat" tidak menunjukkan ilmu tertentu saja, tapi dipakai untuk pemikiran ilmiah pada umumnya. Waktu itu "filsafat" dimaksudkan sebagai pemikiran rasional yang bertolak belakang dengan segala pendekatan mitis. Lama-kelamaan ilmu-ilmu lain satu demi satu melepaskan diri dari pendekatan lebih umum yang disebut "filsafat" itu.

Buku ini merupakan revisi dari buku Fisafat Barat Abad XX yang terbit pada tahun 1981. Uraian tentang Jeurgen Habermas diperbaharui seluruhnya, karena dalam pemikiran filsuf Jerman ini berlangsung perkembangan penting sejak tahun 1980-an. Perkembangan tentang filsuf-filsuf lain disesuaikan dengan penelitian terbaru mengenai pemikiran mereka.
No. GM : 0
ISBN : 979-686-075-9
Price : Rp 37.500
Total Pages : -
Size : 14 x 21
Date Published : 01 Januari 2002
Book Format : Softcover
Category : Philosophy

    No reviews

Prof. Dr. K. Bertens

Prof. Dr. K. Bertens

Prof. Dr. K. Bertens dilahirkan di kota Tilburg, Nederland, 1936. Ia mendalami filsafat dan teologi di sebuah perguruan tinggi di Nederland, lalu filsafat dan psikologi di Universitas Leuven, Belgia. Setelah mengajar selama dua tahun di Nederland, tahun 1968 ia memperoleh gelar "doktor filsafat" di Universitas Leuven, dengan disertai tentang Nicolas Malebranche, filsuf Prancis abad ke-17. Sejak tahun 1968 pula ia mengajar filsafat sitematis dan sejarah filsafat di berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Sejak tahun 1983 ia termasuk staf Pusat Pengembangan Etika, Universitas Atma Jaya, Jakarta, dan pernah menjabat sebagai direkturnya(1984-1995). Ia mengajar dan menekuni etika terapan, khususnya etika bisnis dan etika biomedis, serta meredasi "Seri Etika Biomedis". Ia membantu mendirikan "Himpunan Dosen Etika Seluruh Indonesia" (HIDESI) dan menjadi ketuanya yang pertama (1990-1997). Karya-karya ilmiahnya antara lain: Sejarah Filsafat Yunani, Yogyakarta, Kanisius, 1975; Ringkasan Sejarah Filsafat, Yogyakarta, Kanisius, 1976; Filsafat Barat Abad XX, Jilid I, Jakarta, Gramedia, 1987; Etika, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama, 1994; Pengantar Bisnis Etika, Yogyakarta, Kanisius, 2000. Sedangkan karya terjemahannya antara lain: Sigmund Freud, Memperkenalkan Psikoanalisa, Jakarta, Gramedia. 1979; Sigmud Freud, Sekelumit Sejarah Psikoanalisa, Jakarta, Gramedia, 1983; Thomas Shannon, Pengantar Bioetika, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama 1995.

Books by Prof. Dr. K. Bertens

  • Filsafat Barat Kontemporer: Inggris - Jerman
    Philosophy

    Filsafat Barat Kontemporer: Inggris - Jerman

     
  • Filsafat Barat Kontemporer: Prancis
    Philosophy

    Filsafat Barat Kontemporer: Prancis

     
  • More +

Nobody commented

Related Books

Tak ada gabungan yang lebih menarik dari puisi dan fiksi.
Temukan buku lainnya yang tak kalah menarik.