Hukum Lingkungan dan Pelaksanaan Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia

Summary

Saat ini di negara kita sedang berlangsung perusakan dan pencemaran lingkungan yang masif melalui pembalakan liar, penambangan, pembukaan lahan perkebunan, pembabatan hutan bakau, pembuangan limbah pabrik, dan kegiatan destruktif lainnya. Lantas siapa yang berhak mengajukan gugatan ketika masalah seperti ini timbul: pemerintah, pemerintah daerah, masyarakat, atau organisasi lingkungan hidup?

Peraturan perundang-undangan sebagai dasar pelaksanaan pembangunan, seperti Undang-Undang No. 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, tergolong komprehensif dan responsif dalam memacu pelaksanaan pembangunan yang berwawasan lingkungan. Namun apakah konsep wawasan lingkungan tersebut telah menjadi pertimbangan pokok dalam pelaksanaan pembangunan? Apakah para pejabat pemerintah sudah menjabarkan undang-undang tersebut dalam kebijakan teknis di masing-masing sektor? Sudah adakah kesadaran masyarakat untuk tidak merusak lingkungan?

Selain menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas dan mengevaluasi perundang-undangan di bidang lingkungan hidup, buku ini juga mengemukakan pandangan kritis yang bermanfaat bagi para pengambil keputusan dan penentu kebijakan pemerintah perihal implementasi perundang-undangan tersebut. Sudah saatnya bangsa Indonesia tidak melulu mengekspolitasi kekayaan alamnya habis-habisan, tetapi juga bersungguh-sungguh memulihkan dan menjaga kelangsungan lingkungan alamnya demi kepentingan negara dan generasi yang akan datang.

No. GM : 0
ISBN : 978-979-22-8763-9
Price : Rp 65.000
Total Pages : -
Size : 15 x 23
Date Published : 06 September 2012
Book Format : Softcover
Category : Law

    No reviews

Dr. Marhaeni Ria Siombo, SH, MSi

Dr. Marhaeni Ria Siombo, SH, MSi

Dr. Marhaeni Ria Siombo, SH, MSi adalah dosen tetap di Fakultas Hukum Universitas Tadulako, Palu dan staf pengajar tidak tetap di Fakultas Hukum UKI, Jakarta. Ia juga bertugas di Departemen Kelautan dan Perikanan di Jakarta, Biro Perencanaan dan Kerja Sama Luar Negeri, Biro Hukum dan Organisasi, dan Pusat Pendidikan Kelautan dan Perikanan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kelautan Perikanan.



Penulis yang aktif menyumbangkan pemikirannya dalam jurnal-jurnal hukum ini juga terlibat sebagai anggota tim antardepartemen penyusunan rancangan undang-undang, anggota tim antardepartemen ratifikasi konvensi internasional seperti Cartagena Protocol dan Kyoto Protocol, serta anggota tim penyusun sejumlah dokumen AMDAL.

Books by Dr. Marhaeni Ria Siombo, SH, MSi

  • Hukum Lingkungan dan Pelaksanaan Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia
    Law

    Hukum Lingkungan dan Pelaksanaan Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia

     
  • Hukum Perikanan Nasional dan Internasional
    Law

    Hukum Perikanan Nasional dan Internasional

     
  • More +

Nobody commented

Related Books

Tak ada gabungan yang lebih menarik dari puisi dan fiksi.
Temukan buku lainnya yang tak kalah menarik.