Rampokan Jawa dan Selebes

Summary

1946.

Indonesia baru saja merdeka. Ratusan relawan dari Belanda kembali ke Indonesia dengan semangat patriotisme untuk mempertahankan harga diri bangsa. Dua di antaranya adalah Johan Knevel dan Erik Verhagen, yang lahir di Hindia Belanda dan pulang ke negeri itu dengan benak penuh angan-angan dan ilusi.

Johan memimpikan kembalinya “tempo doeloe”, surga masa kecil, dan Ninih, pengasuhnya. Namun Erik lalu tenggelam ditelan ombak dan Johan dihantui rasa bersalah.

Ia lantas memakai identitas Erik dan pergi ke Makassar, ke tanah kelahirannya. Karena Erik komunis, tentara Belanda pun memburunya. Penceritaan roman sejarah dan psikologis tentang kehilangan masa lalu dan identitas ini disampaikan dengan gambaran tentang Rampokan, tradisi adu macan di Jawa. Bencanalah bagi negeri apabila macan, simbol kejahatan dan Belanda penjajah, bisa lolos.

No. GM : 0
ISBN : 978-602-03-0770-1
Price : Rp 150.000
Total Pages : -
Size : 22 x 29.7
Date Published : 14 Agustus 2014
Book Format : Softcover
Category : Amore

    No reviews

Peter Van Dongen

Peter Van Dongen

Peter van Dongen lulusan Grafische School, Amsterdam. Awalnya ia menerbitkan karya-karya pertamanya di berbagai majalah amatir dan alternatif seperti Rebel Comix and Balloen. Pada 1990, terbit buku pertamanya, Muizentheater, tentang dua pemuda kelas pekerja di Amsterdam pada masa Depresi. Buku ini mendapat penghargaan Stripschapprijs sebagai Buku Komik Terbaik tahun 1991.



Hampir sepuluh tahun kemudian, van Dongen menerbitkan Rampokan-Java. Buku ini mendapat sambutan yang bahkan lebih baik daripada karya pertamanya. Rampokan dikerjakannya bersama Joost Swarte dan memenangkan penghargaan Desain Buku Terbaik 1999. Pada 2004, terbit Rampokan Celebes.

Books by Peter Van Dongen

  • Rampokan Jawa & Selebes
    Graphic Novel

    Rampokan Jawa & Selebes

     
  • Rampokan
    Amore

    Rampokan

     
  • More +

Nobody commented

Related Books

Tak ada gabungan yang lebih menarik dari puisi dan fiksi.
Temukan buku lainnya yang tak kalah menarik.