Dari Ekologi Manusia ke Ekologi Politik - Gramedia Pustaka Utama
UPCOMING

Dari Ekologi Manusia ke Ekologi Politik

Summary

Buku ini memaparkan dua cara pandang terhadap hubungan antara lingkungan hidup dan komunitas manusia, yakni ekologi manusia dan ekologi politik. Dengan menggabung ulasan tentang dua pendekatan sekaligus ke dalam satu buku, penulis berharap kepelikan pertalian antara lingkungan hidup dan komunitas manusia dapat terungkap.

Cara pandang monolitik khas Cartesian, yang memisahkan antara alam dan manusia, yang telah menimbulkan pemisahan antara ilmu-ilmu alam dan ilmu-ilmu sosial, tampaknya sudah tidak lagi memadai saat ini. Di tengah-tengah krisis-krisis ekologis mendalam karena model pembangunan ekonomi yang juga monolitik, buku ini diharapkan dapat menjadi sarana kritik, baik terhadap ilmu alam yang buta politik maupun terhadap ilmu sosial kritis yang buta ilmu alam.

Tags

No. GM : 620222007
ISBN : 978-602-06-3810-2
Price : Rp 82.000
Total Pages : 230 Pages
Size : 14x21cm
Date Published : 24 Februari 2020
Book Format : Soft Cover
Category : Social Sciences

    No reviews

Oekan S. Abdoellah

Oekan S. Abdoellah

Oekan S. Abdoellah dilahirkan di Indramayu. Penulis adalah Guru Besar bidang Ekologi Manusia (Human Ecology) Program Studi Antropologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran. Pendidikan dari SD sampai SMA ditempuhnya di Indramayu. Setelah lulus dari Jurusan Biologi Fakultas Ilmu Pasti dan Pengetahuan Alam Universitas Padjadjaran, Bandung, pada 1980, Penulis melanjutkan studi ke Department of Anthropology University of California, Berkeley, USA, untuk mendapatkan gelar Master of Arts pada 1984 dan gelar Ph.D. pada 1990, dengan disertasi yang berjudul Indonesian Transmigrants and Adaptation: An Ecological Anthropological Perspectives. Pada 1993, disertasi ini diterbitkan oleh Centers for Southeast Asia Studies of University of California, Berkeley. Pada 2007, Penulis mengikuti Program Pendidikan Singkat Angkatan (PPSA) XV Lemhannas Republik Indonesia.

Dalam perjalanan kariernya di lingkungan Universitas Padjadjaran, Penulis pernah menjadi Ketua Jurusan Antropologi FISIP-UNPAD (1996–1998); Kepala Pusat Penelitian Sumber Daya Alam dan Lingkungan-Lembaga Penelitian UNPAD (1998–2007); Ketua Program Magister Ilmu Lingkungan UNPAD (1998–2008); Ketua Lembaga Penelitian UNPAD (2007–2008); Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UNPAD (2008–April 2012); Ketua Program Pasca Sarjana Sosiologi FISIP UNPAD (2013–2014), dan Ketua Senat Akademik UNPAD (2015–sekarang).

Di luar Universitas Padjadjaran, Penulis pernah menjadi visiting researcher Department of Human Ecology, School of Health Science, Faculty of Medicine, University of Tokyo, Jepang (April-Juni 1980); dari tahun 1982 sampai 1996 beberapa kali menjadi professional associates dan research internship di Environment and Policy Institute, East West Center, Hawaii, AS; visiting professor di Fakultas Kehutanan, The Institute of Forestry Economics, University of Freiburg, Jerman dari 13 Juli–15 Agustus 2003 dan 24 November–25 Desember 2004. Kemudian, dari 1 Mei–2 Oktober 2004 menjadi visiting professor di Laboratory of Landscape Ecology and Planning, Department of Ecosystem Studies, Graduate School of Agricultural and Life Sciences, University of Tokyo, Japan. Dari Oktober 2008–April 2009 menjadi research fellow di Center for Southeast Asian Studies, University of Kyoto, Jepang. Menjadi pembicara tamu di Fakultas Geologi, University of Warsawa, Polandia, pada Mei 2013 dan penguji program Master “Double Degree” dalam bidang Agrarian, Food and Environmental Studies (AFES), International Institute of Social Studies (ISS), Erasmus University Rotterdam, The Hague, Belanda, pada Mei 2015 dan Mei 2016. Dari 1995 sampai 2006 menjadi reviewer DP2M–DIKTI untuk dosen muda dan Hibah Bersaing; Pada tahun 1997–2006 mengajar di Sesko TNI dan Sesko AU dengan mendapatkan Satyalancana Dwidya Sistha pada 2001 dan 2002 dari Panglima TNI untuk keduanya. Tahun 2012 mendapat Satya Lencana Karya Satya 30 Tahun dari Presiden Republik Indonesia dan Satya Karya Bhakti Pendidikan dari Rektor Universitas Padjadjaran.

Tahun 1992–1994 menjadi World Bank Consultant for Environmental Impact Assessment, PIADP Project. Penulis juga pernah menjadi Consultant World Wild Fund for Social Impact of Freeport, Papua Barat. Dari Mei–Desember 1996 menjadi konsultan LIPI BAPPENAS dalam pengembangan komunitas untuk Coral Reef Management Program (COREMAP). Dari tahun 1996–1997 menjadi Coordinator Land Resource Management Agenda 21 for Indonesia, UNDP-Ministry of Environment. Dari 1 April–Agustus 1999 menjadi National Project Director for Good Environmental Governance (UNDP-BAPPENAS). Pada tahun 2002 menjadi National Project Coordinator for Assessment Agenda 21 Indonesia (UNDP-Ministry of Environment). Di tahun yang sama, Penulis juga menjadi anggota delegasi RI untuk The Third Meeting of Preparatory Committee for the World Summit on Sustainable Development, Markas Besar PBB, New York, AS, dan anggota delegasi RI untuk The Fourth Meeting of Preparatory Committee for the World Summit on Sustainable Development, Bali, Indonesia.

Dari tahun 1979 sampai sekarang, telah banyak kertas kerja yang ditulis dan diterbitkan, baik di tingkat nasional maupun internasional. Pada 2016, bukunya yang berjudul Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia: Di Persimpangan Jalan diterbitkan Penerbit Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. Dari tahun 2004 sampai sekarang masih menjadi external reviewer untuk Journal Agroforestry Systems Springer, Belanda. Pernah menjadi editor untuk Journal Sustainability Science Springer, Tokyo, dan dari 2010 sampai sekarang menjadi external reviewer untuk Journal Applied Energy Springer, Belanda. Sejak 1978 sampai sekarang, aktif dalam berbagai seminar, baik di tingkat nasional maupun internasional. Di samping kehidupan akademik, dari tahun 2007 sampai sekarang, Penulis menjadi Ketua RW 07 Kel. Cipadung, Kec. Cibiru, Bandung.

Books by Oekan S. Abdoellah

  • Dari Ekologi Manusia ke Ekologi Politik
    Social Sciences

    Dari Ekologi Manusia ke Ekologi Politik

     
  •  Ekologi Manusia dan Pembangunan Berkelanjutan
    Agriculture

    Ekologi Manusia dan Pembangunan Berkelanjutan

     
  • More +

Nobody commented

Related Books

Tak ada gabungan yang lebih menarik dari puisi dan fiksi.
Temukan buku lainnya yang tak kalah menarik.