Menggapai Asa

Author: Azmi

Summary

Indonesia merupakan negara demokrasi terbesar ketiga di dunia setelah Amerika Serikat dan India. Pascalepas dari kolonial Belanda pada 17 Agustus 1945, Indonesia terus membangun dan mengisi kemerdekaan untuk mewujudkan negara maju, sejahtera, dan berkeadilan. Salah satu unsur pendukung yang tak boleh dilupakan adalah tata kelola kearsipan negara.
 
Arsip merupakan memori kolektif bangsa dari masa ke masa yang merekam berbagai kebijakan, tindakan, dan transaksi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Gerak langkah pembangunan Indonesia akan terganggu apabila tata kelola kearsipan negara lemah. Dengan kata lain, tata kelola kearsipan berbanding lurus dengan kemajuan Indonesia. Jika bagus, arsip akan menjelma menjadi informasi yang andal. Indonesia akan memiliki deposit informasi untuk penguatan sistem sosial, dunia usaha, dan pemerintahan yang pada gilirannya berkontribusi memajukan negara. Hal ini turut mendukung pendapat Allan Toffler yang menyatakan informasi merupakan kekuatan (information is power), siapa yang menguasai akses informasi akan menguasai persaingan.
 
Menggapai Asa: Arsip untuk Indonesia yang Maju, Sejahtera, dan Berkeadilan hadir membagikan informasi tentang apa itu arsip dan kenapa kehadiran serta pengelolaannya sangat krusial. Semoga bisa dimanfaatkan untuk menjauhkan Indonesia dari kemiskinan informasi (information poverty) yang merugikan dan secara maksimal mendukung kemajuan bangsa.
 
Azmi mengecap pendidikan di Program Diploma Kearsipan Fakultas Sastra Universitas Indonesia, Program Sarjana Administrasi Negara di FISIP Universitas Terbuka, dan Program Magister Sosiologi di FISIP Universitas Indonesia. Sejak 1986 hingga saat ini berkarier sebagai pegawai negeri sipil (PNS) ANRI. Selama periode tersebut, ia diamanahi sebagai pejabat fungsional arsiparis, jabatan struktural eselon IV, III, II, instruktur kearsipan, Dewan Redaksi Majalah Arsip, dan Editor Jurnal Kearsipan Nasional ANRI.
 
Selain berkiprah di lingkungan ANRI, Penulis juga menjadi dosen tamu mata kuliah kearsipan di Universitas Indonesia, Universitas Pandjajaran, STIA-LAN RI,  dan Akademi Sekretaris Interstudi. Ia juga aktif dalam dunia publikasi kearsipan sebagai Mitra Bestari Jurnal Pengembangan Kearsipan Lembaga Kearsipan Universitas Gadjah Mada (UGM) dan reviewer Diplomatika: Jurnal Kearsipan Terapan Sekolah Vokasi UGM.

Tags

No. GM : 621203021
ISBN : 978-602-06-5507-9
Price : Rp 98.000
Total Pages : 224 Pages
Size : 14x21 cm
Date Published : 15 September 2021
Book Format : Soft Cover
Category : Business Management & Leadership

    No reviews

Azmi

Azmi

Arsiparis dan Pengamat Kearsipan

Books by Azmi

  • Menggapai Asa
    Business Management & Leadership

    Menggapai Asa

     
  • More +

Nobody commented

Related Books

Tak ada gabungan yang lebih menarik dari puisi dan fiksi.
Temukan buku lainnya yang tak kalah menarik.