Buku Penuntun Membuat  Pola Busana Tingkat Dasar

Buku Penuntun Membuat Pola Busana Tingkat Dasar

Author: Soekarno

Category: Fashion & Beauty

Buku ini sangat berguna bagi mereka yang membutuhkan referensi tentang pola busana yang baik dan pas di badan dengan teknik pembuatan yang mudah. Penulisanya telah berkecimpung di dunia busana sejak tahun 1960-an. Sebagai Ketua Sub Konsorsium Menjahit Pakaian pada Direktorat Pendidikan Luar Sekolah Tingkat Pusat, beliau telah menjadi pengajar yang memberikan kursus tentang konstruksi pola busana hingga seluruh Indonesia. Materi dalam buku ini merupakan kumpulan materi kursusnya selama bertahun-tahun. Di dalamnya terdapat banyak informasi berharga tentang pola dasar aneka metode (Dressmaking, SO-EN, Cuppens Geurs, Charmant, Danckaerts, Leew van Rees, serta metode pengarang sendiri), pola rok, kulot, badan, lengan, kerah, gaun, kebaya, busana anak-anak, hingga pola celana.

Selain itu buku ini juga memberi informasi tentang cara pembuatan sketsa busana dan berbagai macam informasi yang pasti dibutuhkan oleh para siswa sekolah mode dan menjahit, guru-gurunya, serta pemerhati dunia busana.

Berbagai macam informasi berharga mengenai pola busana bisa diperoleh melalui buku ini, diantaranya:
* Cara pengambilan ukuran
* Pembuatan pola dasar aneka metode
* Pembuatan pola dari bermacam-macam busana seperti, rok, blus, celana panjang, kulot, gaun, hingga kebaya.
* Perubahan Model
* Perencanaan bahan
* Pembuatan pola busana anak-anak
* Pengenalan teknik pembuatan sketsa busana.

No. GM :
0
ISBN :
979-686-973-x
Price :
Rp 65,000
Total Pages :
0 pages
Size :
21 x 27
Published :
04 September 2002
Format :
Softcover
Category :
Fashion & Beauty
Tags
Jadilah yang pertama untuk mereview buku ini
Soekarno

Soekarno lahir di Surakarta pada tanggal 17 April 1941. Ia menyelesaikan sekolah mode Vak And Kler Maker Indonesia dalam waktu lima tahun dan setelah itu diangkat menjadi guru di STM bagian busana dan mode. Pada tahun 1967 Soekarno pindah ke jakarta dan bekerja sebagai guru di Pusat Kursus Negeri Jakarta Selatan.

Mulai tahun 1969 ia mendapatkan tugas sebagai Kepala Menjahit Pakaian, yang sering bertugas ke daerah-daerah di Indonesia, memberikan penataran bagi guru-guru menjahit pakaian pada pendidikan luar sekolah/pendidikan non formal. Soekarno suka berorganisasi kemasyarakatan, karena dalam organisasilah dia dapat mengembangkan bakat dan sumber idenya. Organisasi yang diikutinya sebagai pengurus Ikatan Penulis Indonesia(IPINDO). Beliau juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum Ikatan Ahli menjahit Busana Indonesia(IAMBI). Saat ini beliau bertugas sebagai Ketua Sub Konsorsium Menjahit Pakaian di Direktorat Pendidikan Masyarakat. Sudah hampir 40 tahun Soekarno menekuni dunia mode dan mengabdi sebagai guru/tenaga pendidik non formal dan formal di SMKK,PPPGK(Pusat Pengembangan Penataran Guru Keterampilan),dan IKIP Jakarta.

Disamping itu ia juga rajin menulis buku, terutama yang membahas bidang keterampilan/mode studi penunjang, dan ilmu keguruan. Hingga saat ini tidak kurang dari 45 judul buku dan karya tulis telah terwujud,yang ditujukan untuk berbagai jenjang pendidikan: Warga Belajar, Keguruan,Penguji Praktek sampai tingkat penatar.
Buku ini adalah buku pertama yang bekerja sama dengan Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama. Banyak penghargaan yang telah diterimanya antara lain dari Menteri Pendidikan, Menteri Tenaga Kerja, Menteri Perindustrian, Pupuk Kaltim,dan berbagai lembaga organisasi masyarakat.