Hociak! Enak-enak: Masakan Populer Khas Pontianak

Hociak! Enak-enak: Masakan Populer Khas Pontianak

Author: Vianney Lim

Category: Culinary

Kelezatan kuliner Pontianak telah melegenda. Perpaduan cita rasa Tionghoa dan Melayu yang telah berlangsung berabad, menghasilkan suatu kekayaan kuliner yang tak ternilai. Yang pernah mencicipi akan rindukan makanan dari Pontianak. Sedangkan mereka yang baru mendengar namanya, akan penasaran pada kelezatan yang melegenda ini. Resep-resep aneka makanan tersebut dihadirkan melalui seri buku Kuliner Pontianak karya Vianney Lim ini.

Buku Hociak! Enak-enak Aneka Masakan Populer Khas Pontianak ini memuat resep aneka masakan khas Pontianak dalam citarasa Tionghoa dan Melayu tradisional maupun modern, yang halal maupun non halal. Semua resep masakan yang jadi favorit banyak orang, jadi semacam signature khas dari kota khatulistiwa ini.

Sebut saja makanan yang bercita rasa Tionghoa seperti nasi campur komplit (koi peng) dan nasi tim ayam ala Pontianak, kwe cap yang segar, hekeng, nasi ketan gurih (cut bi peng), siomay babi, bakwan Pontianak, ang bun tou bak (daging babi masak merah), dan lain-lain. Bercita rasa Melayu layaknya gulai jantung pisang, batang keladi tumis pedas, ikan asam pedas, hingga selade Pontianak yang segar. Ada pula masakan seafood yang unik dan lezat seperti ikan hiu masak jahe atau udang asam garam.

Yang juga menarik dari buku ini adalah Vianney Lim menuliskan resepnya dengan detail, rinci, namun ringkas dan jelas. Banyak tipsnya pula. Pembaca tidak akan mengalami kesulitan dalam mempraktikkan resep-resep ini. Jadikan buku ini menjajaki kuliner khas Pontianak, yang bisa juga jadikan umber inspirasi untuk usaha kuliner.

No. GM :
624205001
ISBN :
978-602-06-7463-6
Price :
Rp 79,000
Total Pages :
64 pages
Size :
18 X 24 cm
Published :
17 January 2024
Format :
Soft Cover
Category :
Culinary
Jadilah yang pertama untuk mereview buku ini
Vianney Lim

Vianney Lim yang bernama lengkap Vianney Ryanda Halim merupakan wanita kelahiran Pontianak, 3 November 1975. Menikah dengan Verdy Hartanto, seorang Food Content Creator yang sama-sama berdomisili di Pontianak.


Ibu tiga anak ini menempuh pendidikannya dari SD sampai kuliah di Pontianak. Kemampuan memasak dan baking diperolehnya secara otodidak dan belajar dari mamanya yang juga sangat senang memasak serta membuat kue-kue tradisional.


Vianney Lim pernah bekerja di sebuah bank swasta dari tahun 1996-2021 dengan jabatan terakhir sebagai HR Head. Pada bulan Oktober 2018, Vianney Lim mulai merintis akun Instagram-nya @vianney_lim99. Awal mulanya akun Instagram tersebut hanya dijadikan sebagai media penyimpanan foto dan resep-resep yang dibuatnya. Namun tanpa disangka ternyata sharing-nya mendapatkan respon positif dari netizen dan akhirnya akun tersebut semakin banyak diikuti. Karena kecintaannya yang begitu besar terhadap kuliner Pontianak, maka tidak heran jika kebanyakan resep-resep yang dibagikan adalah masakan dan kue-kue khas atau yang populer di Pontianak.


Pada bulan Agustus 2020, Vianney Lim mulai merintis plattform YouTube-nya. Resep-resep yang dibagikan juga masih seputar kuliner Pontianak. Saat buku ini disusun, channel YouTube VianneyLim telah memiliki lebih dari 100K subscribers yang tersebar di berbagai negara. Pada bulan Juni 2021, Vianney Lim juga mulai merambah ke platform TikTok untuk membagikan resep-resepnya dengan nama akun @VianneyLim.


Seri Kuliner Pontianak ini adalah karya literasinya yang pertama. Buku-buku dari seri ini: Hosit! Enak-enak Jajanan Populer dan Street Food Khas Pontianak dan Hociak! Enak-enak Aneka Masakan Khas Pontianak menjadi buku masak karyanya bagi dunia kuliner dan literasi Indonesia.