The Tokyo Zodiac Murders

Posted: 19 September 2023
The Tokyo Zodiac Murders

Saya sangat menyadari reputasi saya sebagai orang gila. Saya mungkin berbeda dari orang lain, tetapi itulah yang menjadikan saya seorang seniman. Seni bukanlah meniru hasil karya orang lain; seni sejati hanya ada dalam perbedaan. Saya bukan orang yang kejam, tapi saya akui saya sangat bergairah jika melihat pemotongan tubuh untuk pertama kalinya. Saya berharap bisa memperoleh kesempatan untuk menggambar hal-hal semacam itu. Saya yakin banyak seniman lain yang memiliki keinginan sama dengan saya.

Kutipan itu merupakan penggalan kata dari Heikichi Umezawa, seorang seniman yang dalam surat wasiat anehnya yang memaparkan rencananya dalam menciptakan Azoth "sang wanita sempurna" dari potongan-potongan tubuh (dada, payudara, paha, lengan, dll) para wanita muda kerabatnya. Namun, sebelum rencananya dapat terlaksana Heikichi ditemukan meninggal di Tokyo 1936. Namun aneh, setelah kematiannya, 7 wanita dibunuh dan dimutilasi sesuai prinsip astrologis yang diuraikan Heikichi.

Nah, pembunuhan aneh itu mengguncang Jepang, menyibukkan pihak berwenang dan detektif untuk memecahkan kasus tersebut. Namun, sampai 40 tahun lamanya kasus tersebut masih menjadi misteri. Sampai suatu hari, dokumen misteri tersebut diserahkan ke Kiyoshi Mitarai, seorang astrolog dan detektif yang bersama temannya Kazumi Ishioka, seorang ilustrator dan penggemar kisah detektif mengulik dan mencari bersama jawaban dari kasus yang bukti serta saksinya sudah dingin tersebut.

Novel THE TOKYO ZODIAK MURDERS ini bergenre thriller misteri yang dibungkus dengan bumbu astrologi, kimia alkemi, dan geografi. Selain itu, secara situasi penulis Soji Shimada menyajikan cerita kasus pembunuhan dengan tema locked room atau singkatnya terdapat beberapa clue dan ungkapan yang diceritakan seperti puzzle yang berserakan dan harus dirangkai oleh pembaca untuk menemukan siapa pelaku pembunuhan Zodiak Tokyo. Selama plot berjalan, hingga 75% buku, Soji Shimada bahkan menuliskan notes bahwa semua clue dalam pembunuhan ini sudah dipaparkan.

Semakin membuat pembaca mengolah dan berpikir lagi kan?

Struktur novel ini cocok untuk teman-teman pembaca yang memang minat dalam genre thriller misteri dan tertarik untuk analisis puzzle-puzzle clues atas jawaban misteri pembunuhan Zodiak Tokyo. Selamat membaca :)