Mindfulness Writing Class bersama Elnov Edisi Khusus Hari Bipolar Sedunia

Posted: 10 March 2022
Mindfulness Writing Class bersama Elnov Edisi Khusus Hari Bipolar Sedunia

Menyambut Hari Bipolar Sedunia 2022, Gramedia Pustaka Utama dan Gramedia Academy menyelenggarakan “Mindfulness Writing Class, Special Edition: Mental Health Benefits of Journaling” pada Sabtu (26/3). Kelas ini akan dipandu oleh penulis Elnov dengan menghadirkan psikiater dan penulis buku—DR. dr. Nova Riyanti Yusuf, Sp.KJ., serta seorang public figure yang juga penyintas bipolar disorder—Marshanda. Acara ini terbuka untuk umum dan dapat diikuti oleh siapapun dengan berbagai latar belakang.

 

Sejak Oktober 2021, Mindfulness Writing Class telah terselenggara sebanyak 5 batch bersama Elnov (Elizabeth Novarina S.S., M.Si., CHt®) yang merupakan penulis buku Anomali: Memoar Seorang Bipolar dan Hipnoterapis Klinis.
 

Anomali: Memoar Seorang Bipolar adalah trilogi perjalanan hidup Elnov sebagai seorang OdB (Orang dengan Bipolar), yang menjadikan menulis jurnal sebagai salah satu terapi pendamping, di bawah pengawasan psikiater. Buku pertama, Anomali terbit tahun 2020. Buku kedua, Andromeda segera terbit pada Maret 2022. Sedangkan buku ketiga, Anonim saat ini sedang dalam proses penulisan dan direncanakan terbit pada November 2023.
 

Selain konsisten menulis buku, Elnov juga kerap berbagi informasi mengenai bipolar disorder dan kesehatan mental melalui media sosial dan situs pribadinya. Dukungan yang Elnov berikan ini bertujuan untuk membantu dan menyemangati orang-orang yang memiliki kondisi sama, sekaligus sarana pembelajaran untuk diri Elnov pribadi.

 

Dalam kehidupan sehari-hari, Elnov menerapkan mindfulness, yaitu sebuah konsep here and now, dengan tidak menilai segala sesuatu dan fokus pada saat ini, hingga mampu memunculkan awareness (kesadaran). Dengan semakin menyadari apa yang dilakukan, dirasakan, dan dipikirkan, Elnov dapat mengendalikan suasana hati dan kondisi psikologisnya. Hal ini sangat membantunya stabil menjalani kehidupan dan mendukungnya tetap berkreativitas.
 

Merasakan dampak nyata dari praktik mindfulness di hidupnya, Elnov kemudian memadukan mindfulness dan menulis ke dalam sebuah program: Mindfulness Writing Class with Elnov. Program ini kemudian didukung oleh Gramedia Pustaka Utama dan dikemas secara eksklusif oleh Gramedia Academy. Dalam kelas, selain memuat materi tentang teknik menulis, peserta juga diajak untuk menerapkan praktik mindfulness sederhana. Elnov menuntun peserta untuk tidak hanya mampu memahami mindfulness secara langsung, namun juga membantu mereka di dalam mengenali emosi dan masalah yang selama ini menjadi penghalang diri.
 

Mindfulness Writing Class memiliki tiga tingkatan:  Level 1, belajar menulis sambil mengenal diri. Level 2, belajar menyusun sebuah naskah fiksi atau nonfiksi, dan Level 3, belajar menyusun sebuah buku. Pada akhir program, Elnov menggandeng penerbitnya, Gramedia Pustaka Utama untuk bersama-sama melakukan pendampingan dan menyeleksi naskah peserta yang sesuai dengan kriteria untuk diterbitkan. 
 

Mindfulness Writing Class with Elnov terbuka untuk semua kalangan. Kelas ini mengajak para pembaca buku, penulis jurnal, pejuang mental health, dan mereka yang berkeinginan memiliki buku sendiri untuk belajar bersama di dalam sebuah komunitas yang sehat. Suasana eksklusifnya menjadi ruang yang aman bagi semua peserta untuk saling berbagi pengalaman hidup.
 

Pendaftaran Mindfulness Writing Class edisi spesial “Mental Health Benefits of Journaling” saat ini telah dibuka dengan harga khusus early bird Rp100.000 hingga 15 Maret 2022. Untuk pendaftaran melalui WhatsApp 0877-9310-3435 atau linktr.ee/elnov.id.