Sayembara LOGO 50 Tahun Gramedia Pustaka Utama

Posted: 03 November 2023
Sayembara LOGO 50 Tahun Gramedia Pustaka Utama

Pada 1974, satu mimpi mulai dijelajahi dengan langkah sederhana. Mimpi itu adalah tentang manusia-manusia yang berimajinasi dan berpengetahuan. Penerbit Buku Gramedia Pustaka Utama, itulah yang kemudian dipilih untuk menjadi langkah pertama menuju mimpi yang menjelma.

Kini, di usia lima puluh tahun, Gramedia Pustaka Utama telah dan terus berusaha menjadi rumah bagi para pemantik gagasan, pereka imaji, perefleksi sejarah, pendamba kebenaran, penyongsong masa depan.

Kini, di usia lima puluh tahun, Gramedia Pustaka Utama telah dan terus berusaha menapaki jalan, menyusuri tepian, menjelajahi batas, memahami realitas demi menghadirkan karya yang mencerahkan.

Kini, di usia lima puluh tahun, Gramedia Pustaka Utama telah dan terus berusaha menjadi bagian dari kerja-kerja pengetahuan dan kebudayaan yang merangsang kreativitas dengan dukungan teknologi terkini.

Untuk menandai tonggak bersejarah ini, kami mengundang Anda agar turut mengambil bagian dalam “Sayembara Desain Logo 50 Tahun Gramedia Pustaka Utama”.

Logo yang Anda desain kami harapkan dapat memenuhi prinsip berikut:

  • Lugas: Logo mudah dikenali dan tidak rumit.
  • Berkesan: Logo meninggalkan kesan positif dan mendalam.
  • Aplikatif: Logo berfungsi dengan baik di berbagai media dan platform.
  • Unik dan Relevan: Logo menampilkan keunikan yang mampu mencerminkan nilai dan pesan yang ingin disampaikan.

Akhirnya, logo 50 jelas lebih dari sekadar simbol pustaka. Logo 50 adalah simbol semangat, komitmen, dan cinta terhadap literasi dan Ibu Pertiwi.

Logo 50 adalah perjalanan manusia menyongsong masa depan, berkarya dalam denyut zaman.

Syarat dan Ketentuan:

  1. Peserta lomba adalah WNI; dengan pengecualian karyawan Gramedia Pustaka Utama;
  2. Karya yang dikirimkan tidak bertentangan dengan hukum dan norma yang berlaku di Indonesia;
  3. Karya bersifat orisinal, dengan disertai surat pernyataan keaslian karya bermeterai Rp10.000; template surat silakan diunduh di bit.ly/keasliankarya_GPU50
  4. Setiap peserta dapat mengirimkan maksimal 2 logo.
  5. Karya yang masuk/diterima panitia akan diseleksi dan ditetapkan satu pemenang yang selanjutnya akan ditetapkan menjadi logo 50 Tahun Gramedia Pustaka Utama;
  6. Karya yang menang sepenuhnya menjadi milik Gramedia Pustaka Utama, dan Gramedia Pustaka Utama berhak melakukan penyesuaian/revisi/modifikasi atas karya tersebut, baik melibatkan maupun tidak melibatkan pembuat karya;
  7. Atas penggunaan karya di poin 6, Gramedia Pustaka Utama sepenuhnya tidak memiliki kewajiban memberi royalti kepada pembuat karya;
  8. Hadiah tidak dapat dipindahtangankan dan ditukar menjadi bentuk apa pun;
  9. Pajak ditanggung oleh pemenang;
  10. Keputusan dewan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat;
  11. Atas seluruh proses pelaksanaan sayembara tidak dikenakan biaya atau pungutan.

Penghargaan kepada:

  • Pemenang utama Rp7.000.000
  • Pemenang favorit Rp1.000.000

*Pajak ditanggung pemenang

Waktu Pelaksanaan: November–Desember

  • Penerimaan karya: 7-27 November 2023
  • Penilaian karya: 4-8 Desember 2023
  • Pengumuman: 12 Desember 2023

 

Berkas yang Perlu Dikirimkan:

  1. Gambar logo lengkap dan full colour yang tampak jelas dalam ukuran 10 mm x 10 mm, dalam file dengan format JPEG/PNG dan PDF; 
  2. Penjelasan makna detail/deskripsi logo dalam file PDF;
  3. Visual guideline dalam file PDF, yang menjelaskan aturan visualisasi dan penempatan logo, meliputi warna pencetakan yang dipakai, ukuran, warna yang dipakai pada berbagai media, misalnya kertas, kain, alat tulis, poster, atau media cetak lainnya;
  4. Hasil scan surat pernyataan keaslian karya bermeterai dalam file JPEG/PNG.
  5. Logo diupload melalui: bit.ly/pendaftaran_GPU50 (maksimal 10 MB) 

Kriteria Penilaian:

  • Orisinalitas karya: Desain logo sebagai karya harus tidak ada duanya dan belum pernah diciptakan atau digagas orang lain. Orisinalitas karya menjadi poin penting dan tidak boleh ditemukan unsur plagiarisme dalam karya;
  • Relevansi logo: Unsur relevansi diukur dari keterkaitan desain logo beserta maknanya dengan identitas 50 tahun Gramedia Pustaka Utama;
  • Kreativitas dan estetika: Logo harus memiliki nilai-nilai seni yang dipandang sebagai suatu keindahan dan menunjukkan kreasi pembuatnya;
  • Filosofi logo: Logo harus dilengkapi dengan deskripsi filosofi secara detail, serta makna yang terkandung di dalamnya harus bisa dijelaskan menggunakan bahasa yang baik dan santun.