TJONG

TJONG

Author: Herry Gendut Janarto

Category: Literary

“Dengan penuh semangat dan keberanian, Pak Tjong mempertaruhkan nyawa demi mendukung perjuangan para gerilyawan di Yogyakarta. Kami sungguh menghormati beliau sebagai pejuang kemerdekaan….”Sejak balita Tjong Kie Lin telah menempuh beribu-ribu kilometer di sepanjang alur hidupnya hingga akhir, saat ajal menjemput. Langkah pertama kaki mungilnya dia awali dari pelosok Desa Fu Yim

Tong, Kabupaten Moiyen, Provinsi Guangdong, Tiongkok, lalu di masa bocah ke Desa Xian Lo Fu di kabupaten dan provinsi yang sama, dan di kemudian hari berujung di Kota Yogyakarta, Indonesia. Betapa itu merupakan lawatan yang sangat panjang, begitu jauh, penuh liku dan debu, sarat hempasan gelombang samudra dan tamparan angin bertubi yang sudah barang tentu amat melelahkan. Dengan gagah berani dan deras berkeringat sedari usia remaja, rute ke selatan itu dia tapaki, seberangi, jelajahi, dan akrabi. Akhirnya, di Kota Yogyakarta itulah dia mencanangkan diri guna menghimpun sebuah keluarga, utamanya membesarkan anak-anak. Juga, tentu, kota terakhir yang dia singgahi itu telah menjadi wadah terbaik untuk mencari nafkah dan menjaring rezeki, melalui sebuah toko yang dia miliki dan kelola sebagai sumber penghidupan.Di tengah segala keriuhan hidupnya, Kie Lin tetap ingat bumi tempat dia berpijak, mencari rezeki, menghimpun keluarga, dan merangkul sahabat pun saudara. Dengan tulus ikhlas dia turut memberikan sumbangsihnya manakala Yogyakarta, kota yang dicintainya, tengah berjuang menghadapi penjajah yang ingin menguasainya, mencederainya. Bukan dengan memanggul senjata, tetapi dengan dukungan bagi perjuangan para pemuda pembela bangsa. Dalam senyap dan tanpa jemawa, dia sediakan bagian rumahnya untuk mereka, terutama yang terluka.Di Yogyakarta, tak salah lagi, kehidupan Keluarga Tjong menemukan akarnya.

No. GM
:622202016
ISBN
:978-602-06-6230-5
Price
:Rp 98,000
Total Pages
:352 pages
Size
:14x21
Published
:06 July 2022
Format
: Soft Cover
Category
: Literary
Jadilah yang pertama untuk mereview buku ini
Herry Gendut Janarto

Lahir di Yogyakarta, 28 Mei 1958. Selepas dari SMAk Kolese de Britto tahun 1977, Herry melanjutkan pendidikan di IKIP Sanata Dharma dan lulus sebagai sarjana Pendidikan dan Satra Inggris tahun 1982. Ia sempat menjadi guru bahasa inggris selama setahun si SMAK Stella Duce, Yogyakarta. Bungsu dari tujuh bersaudara ini kemudian hijrah ke jakarta dan bekerja sebagai editor penerbitan buku PT Gaya Favorit Press (Femina Group) hingga 1990. Selanjutnya, ia bergabung menjadi wartawan tabloid Nova selama dua tahun, hingga 1992. Lalu sejak tahun 1993 sampai sekarang, ia mencurahkan perhatinnya ke dunia anak-anak dengan menjadi redaksi majalah Bobo. Di celah-celah kesibukkan menulis buku, Herry tetap berusaha menulis rupa-rupa artikel, juga cerita pendek di sejumlah koran, tabloid, dan majalah yang terbit di Ibukota maupun daerah. Penulis yang (memang) bertubuh subur ini punya semboyan hidup yang unik: daripada mencelakakan orang lain, lebih baik menertawakan kekonyolan sendiri.