Menjadi: Seni Membangun Kesadaran tentang Diri dan Sekitar

Menjadi: Seni Membangun Kesadaran tentang Diri dan Sekitar

Author: Afutami

Category: Social Sciences

Kemampuan berpikir adalah sebuah perjalanan—bukan tujuan—yang sebagai konsekuensinya akan menumbuhkan pemahaman tentang diri, kemampuan memecahkan masalah secara lebih efektif, sikap terbuka terhadap pemikiran baru, hingga empati yang lebih baik dalam berhubungan dengan manusia lain.

Lewat Menjadi, Afutami menawarkan peta jalan yang membantu penelusuran tersebut. Alih-alih menggurui, buku ini mengajak kita berkaca lewat perjalanan penulisnya dalam memproses disonansi dari berbagai paradoks kehidupan yang ditemuinya, mulai dari privilese dan ketimpangan, nasionalisme dan humanisme, hingga ekonomi dan lingkungan. Di akhir, Menjadi juga menawarkan opsi konkret untuk mengejawantahkan kemampuan berpikir tersebut ke dalam aksi dan kontribusi nyata. Harapannya, buku ini bisa menjadi teman dalam berproses dan penemuan-penemuan internal yang memerdekakan diri serta membantu membangun hubungan lebih sehat dengan sekitar.

No. GM :
622222040
ISBN :
978-602-06-6429-3
Price :
Rp 138,000
Total Pages :
224 pages
Size :
14,5x21 cm
Published :
02 November 2022
Format :
Soft Cover
Category :
Social Sciences
Jadilah yang pertama untuk mereview buku ini
Afutami

The self is too whole for labels to contain. Tapi kalau harus, Andhyta Firselly Utami atau Afu adalah seorang anak pertama perempuan yang mulai membaca di usia tiga tahun dan mulai menulis blog pertamanya di usia tiga belas. (Prokrastinasi kemudian membuatnya baru menerbitkan buku di usia tiga puluh, tapi kita maafkan.) Afu terlalu polimatik untuk mempelajari satu subjek dalam waktu lama, tapi ternyata bisa menyelesaikan program S-1 Hubungan Internasional dari Universitas Indonesia dan S-2 Kebijakan Publik dari Harvard University. Hampir sepuluh tahun terakhir, Afu mendedikasikan kehidupan profesionalnya untuk melawan krisis iklim yang menurutnya merupakan isu keadilan sosial, terutama lewat penelitian ekonomi lingkungan yang memuat rekomendasi bagi pemerintah. Karena isolasi bisa mematikan, Afu membangun dan memimpin organisasi wadah profesional muda yang bertujuan mendorong kebijakan publik berbasis bukti dan empati bernama Think Policy. Afu juga meninggalkan jejak digital melalui @Afutami di berbagai media sosial, blog di http://afuta.me, serta kanal YouTube tentang berpikir kritis Frame & Sentences meski jarang sekali mengunggah video baru.