Inovasi Kebijakan dan Evaluasi Insentif Perpajakan Indonesia

Inovasi Kebijakan dan Evaluasi Insentif Perpajakan Indonesia

Author: Badan Kebijakan Fiskal, Pusat Kebijakan Pendapatan Negara

Category: Social Sciences

Insentif perpajakan memainkan peran krusial dalam membentuk dan mendorong aktivitas ekonomi di berbagai negara. Keberadaan insentif ini dapat merangsang investasi, inovasi, serta pertumbuhan sektor-sektor tertentu dalam perekonomian. Karena dampak yang luas itu, penting bagi kita untuk memberikan perhatian terhadap desain, implementasi, dan dampak nyata dari insentif perpajakan.

Evaluasi insentif perpajakan adalah langkah kritis untuk memastikan efektivitas dan efisiensi dari kebijakan ini. Tanpa evaluasi yang cermat, ada risiko bahwa insentif yang telah diberikan tidak memberikan hasil yang sesuai dengan tujuan awalnya. Oleh karena itu, evaluasi insentif perpajakan bukanlah sekadar pilihan, melainkan merupakan bagian integral dari siklus kebijakan.

Evaluasi insentif perpajakan memerlukan kolaborasi berbagai pihak, seperti pemerintah, akademisi, praktisi perpajakan, serta masyarakat sipil. Setiap aspek memiliki perspektif unik yang dapat melengkapi informasi yang diperlukan untuk penilaian yang holistik. Evaluasi yang inklusif dan kolaboratif juga dapat membantu mengidentifikasi celah dalam desain dan implementasi insentif, serta memastikan adanya akuntabilitas yang lebih baik dalam pengambilan keputusan perpajakan.

Buku ini merupakan upaya nyata dalam mengumpulkan berbagai pandangan dan penelitian terkait evaluasi insentif perpajakan dengan menghadirkan sepuluh artikel yang membahas evaluasi insentif dari berbagai aspek yang relevan. Artikel-artikel ini mencakup topik seperti dampak insentif terhadap pertumbuhan ekonomi, penerimaan pajak, transformasi ekonomi, dukungan terhadap UMKM, pembiayaan hijau, hilirisasi, pengarusutamaan gender, serta implikasi pajak internasional. Melalui koleksi artikel yang beragam, buku ini bertujuan memberikan wawasan yang mendalam tentang pentingnya evaluasi insentif perpajakan dalam konteks beragam tantangan dan peluang ekonomi saat ini.

No. GM :
624203007
ISBN :
978-602-06-7473-5
Price :
Rp 140,000
Total Pages :
356 pages
Size :
15 x 23 cm
Published :
24 April 2024
Format :
Soft Cover
Category :
Social Sciences
Jadilah yang pertama untuk mereview buku ini
Pusat Kebijakan Pendapatan Negara

History from this author is not available at the moment. Please contact admin at redaksi@gramediapustakautama.id or @bukugpu at Twitter and Instagram, so we can update the data. Thank you so much.